PIRU, Siwalimanews – Warga Dusun Katapang, Desa Loki, Kecamatan Seram Barat, Kabupten Seram Bagian Barat menyerahkan senjata api rakitan dan bahan peledak serta amunisi ke Polres SBB.

Penyerahan ini senpi laras panjang sebanyak 4 buah, amunisi kaliber 5,56 mm 18 butir, 7,62 mm enam butir dan 6,5 8 butir serta 15 buah bom pipa rakitan dan blesbor 2 buah yang berfungsi untuk membubarkan massa itu, diserahkan warga kepada tim lidik dan deteksi Polres SBB, Rabu (29/6) kemarin.

Penyerahan senpi dan handak ini diungkapkan Kapolres SBB AKBP Dennie Andreas Dharmawan, dalam keterangan persnya di Mapolres SBB, Kamis (30/6).

Kapolres mengaku, penyerahan senpi rakitan dan bahan peledak serta amunisi ini adalah sebuah hadia dari masyarakat dan berharga buat Polres SBB, karena ini bisa memanilisir kejadian atau konflik yang dapat mengakibatkan jatuhnya korban.

Menurutnya, 4 senpi rakitan dan bahan peldak serta amunisi ini diserahkan secara sukarela oleh masyarakat Dusun Katapang kepada tim lidik dan deteksi Polres SBB.

Baca Juga: Bulan Depan Mulai Berlaku Plat Nomor Putih

“Ini jadi hal yang sangat penting buat kita semua, bahwa sebenarnya senjata-sejata seperti ini tidaklah berguna di masyarakat, justru akan menghancurkan dan menimbulkan korban-korban yang seharusnya tidak menjadi korban,” ungkapnya.

Bom rakitan ini kata Kapolres, dirancang atau dirakit khusus karena didalamnya menggunakan pipa besi, dan bila meledak besi tersebut langsung menyebar dan dapat mengenai orang dan menembus tubuh, sedangkan dua buah blesbor yang merupakan senjatanya polisi untuk membuburkan massa.

“Saya sampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyerahkan senpi dan bahan peldek serta amunisi secara sukarela ke polisi,” ucap Kapolres.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga menghimbau, kepada masyarakat untuk menyerahkan senpi organik maupun rakitan dan bahan peldek kepada pihak yang berwajib.

“Lebih baik serahkan pada kami, sehinga kami dapat mengantisipasi kalau ada hal-hal yang tidak kita inginkan, dan tidak menimbulkan korban, kami siap keamanannya dan tidak ada masalah bila diserahkan secara baik,” himbau Kapolres.

Senpi rakitan dan bahan peledek serta amunisi ini yang diserahkan ini, seluruhnya masih aktif dan utuh, semuanya ini akan diserahkan ke tim Gegana Brimob Polda Maluku.

Kapolres juga mengajak seluruh masyarakat di Bumi Saka Mese Nusa untuk sama-sama menjaga kamtibmas, sehinga daerah ini selalu aman dan damai.

“Menguasai atau memliki benda-benda seprti senpi dan sebagainya ini sudah kenal pasal Undang-Undang Darurat, tetapi misalkan diserahkan dengan baik-baik kepolisian akan jamin,” himbau Kapolres. (S-18)