AMBON, Siwalimanews – Satuan Reserse dan Kriminal Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, saat ini masih sementara melakukan penyelidikan terkait kebakaran yang menghanguskan kurang lebih empat rumah warga di kawasan Talake tepatnya di lingkungan RT 02/01, Kelurahan Wainitu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon pada Sabtu (29/8) malam.

Walaupun, berdasarkan dari keterangan sejumlah saksi di TKP bahwa dugaan sementara kebakaran terjadi bersumber dari lilin di rumah La Erwin yang menjadi titik mula api.

“Pasca kebakaran police line sudah dipasang guna kepentingan penyelidikan. Untuk penyebab pasti masih diselidiki, namun dari keterangan saksi, dugaan sementara kebakaran berasal dari lilin yang digunakan La Erwin dan keluarga untuk menerangi rumah mereka, melihat selama ini rumah tersebut tidak dialiri aliran listrik,” jelas Kasat Reskrim Polresta Ambon, AKP Mido J Manik, kepada wartawan di Map;olresta Ambon.

Untuk diketahui, Kebakaran besar melanda kawasan Talake tepatnya di lingkungan RT02/01,  Kelurahan Wainitu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon terjadi pada, Sabtu (29/8) malam.

Setidaknya terdapat 4 rumah warga yang masing masing milik La Erwin,  Mirna,  Femi Kamal dan Muhamad Ridwan Ahmad ludes terbakar.

Baca Juga: Pemkab SBB Kembali Salurkan 13.629 Paket Sembako

Informasi yang dihimpun Siwalimanews, kebakaran terjadi sekitar pukul 19.30 WIT yang berasal dari rumah milik La Erwin (32) yang diduga bersumber dari lilin yang digunakan sebagai alat penerangan.

Menurut  Muhamad Ridwan (47) yang merupakan tetangga La Erwin, kebakaran diketahui setelah dirinya melihat kepulan asap tebal disertai teriakan warga. Setelah dicek ternyata sumber api berasal dari rumah La Erwin.

“Saat kebakaran saya berada di jalan raya yang letaknya sekitar 30 meter dari TKP, awalnya saya melihat kepulan asap, karena penasaran saya menuju titik asap tersebut dan ternyata sumber api yang berasal dari rumah La Erwin yang telah membesar dan membakar sebagian isi rumah,” jelas Ridwan.

Melihat api yang mulai membesar, saksi dan sejumlah warga bergotong royong menadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun kobaran api tidak dapat diredam sehingga merembet ke beberapa rumah yang berdekatan dengan titik api.

Sekitar, pukul 19.40 WIT 6 unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Ambon tiba di TKP untuk memadamkan api. Api baru berhasil dijinakan sekitar pukul 22.30 WIT. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, mengingat saat kebakaran terjadi, La Erwin tidak berada di rumah. (S-45)