AMBON, Siwalimanews – Tiga calon taruna akademi kepolisian (Akpol) hasil seleksi panitia daerah Polda Maluku berhasil lolos sebagai taruna Akpol usai ketiganya lolos pada seleksi di tingkat pusat yang dilaksanakan di Kota Semarang.

Mereka yang lolos masing masing adalah Brandon Steyer Sefanya Manuputty,  Alonso Roby Gray Litaay dan Bintang Parninggotan Hutaheaan.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Riem Ohourat, kepada wartawan Jumat (28/8), mengatakan, status ketiga calon taruna tersebut kini menjadi siswa di Akpol, dan berhak melakukan pendidikan.

“Hasil seleksi calon taruna Akpol di Semarang kemarin sudah diumumkan, dan 3 Catar asal Maluku dinyatakan lolos sebagai Taruna Akpol dan berhak mengikuti pendidikan,” ujar kabid.

Yang menjadi sorotan dalam hasil seleksi tingkat pusat tersebut kata Kabid yakni Alonso Roby Litay. Dirinya merupakan anak dari Bhabinkabtibmas Nolly Litay  berpangkat Aiptu, yang sebelumnya juga salah satu anaknya berhasi lolos dan menjalani pendidikan Akpol di tahun 2017.

Baca Juga: Hujan Interupsi Warnai Rapat Dengar Pendapat dengan Pertamina

Hal tersebut membuktikan, bahwa seleksi Polri khususnya di jenjang taruna Akpol dilakukan secara jujur dan transparan tanpa ada tindakan KKN didalamnya.

“Salah satu dari Taruna yakni Alonso Roby Litay adalah anak Bhabinkamtibmas Polres Ambon Aiptu Nolly Litaay. Tahun 2017, salah 1 anak Aiptu Nolly Litay yakni Grizly Litay juga di terima di Akpol dan saat ini jadi Taruna tingkat 3,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, hasil seleksi penerimaan taruna Akpol dan Tamtama Polri tahun 2020 Panitia daerah Polda Maluku meloloskan 8 calon calon taruna Akpol. Namun berdasarkan kuota yang ditetapkan Mabes Polri hanya 4 perwakilan dengan peringkat tertinggi yang dipilih untuk mengikuti seleksi tingkat pusat di kota Semarang Provinsi Jawa Tengah.

“Hasilnya seluruhnya diumumkan tadi untuk Akpol memang tersisa 8 calon taruna namun yang dipanggil hanya 4 orang,” jelas Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol, Roem Ohoirat saat dikonfirmasi siwalimanews Kamis (30/7).

Mereka yang lolos ke seleksi tingkat pusat yakni Brandon Steyer Sefanya Manuputty,  Alonso Roby Gray Litaay, Bintang Parninggotan Hutaheaan dan Fadilah Putra Pratama.

Keempat calon taruna ini selanjutnya akan tiba disemarang pada 3 Agustus mendatang untuk mengikuti seleksi lanjutan.

“Untuk Akpol 4 orang tersebut akan berangkat ke semarang dan sudah tiba tanggal 3 Agustus untuk ikut seleksi tingkat pusat di Semerang. Mari kita doakan semoga 4 perwakilan dari Maluku bisa lolos semuanya nanti,”harapnya.

Selain Akpol, lanjut Kabid, hasil untuk Tamtama juga sudah di umumkan, dimana Tamtama Brimob yang lolos 6 orang dan tamtama Pol Air 7 orang. (S-45)