AMBON, Siwalimanews – Ridwan Rabrusun (43) nelayan asal Tual yang dilaporkan hilang kontak saat menggunakan longboat  darfi Tual menuju fishing ground di sekitar perairan Pulau Tayando Kabupaten Malra, Kamis (27/8) akhirnya ditemukan oleh Tim SAR gabungan dalam keadaan selamat.

Informasi yang diperoleh Pos SAR Tual dari Ibu Jamina Rahajaan Warga Desa Fiditan  Kota Tual yang adalah keluarga korban pada Jumat (28/8) sekitar pukul 10.30 WIT. Dalam laporan itu dijelaskan bahwa longboat yang dibawah korban dari Tual dengan tujuan fishing ground sejak Kamis (27/8) mengalami lost contact.

“Setelah kita terima laporan tim rescue gabungan langsung bergerak melakukan pencarian dan menuju ke lokasi sekitar fishing ground. Korban ditemukan pada koordinat 5°34.074″S – 132°43.009″E dalam keadaan selamat bersama long boatnya,” jelas Kepala Kantor SAR Ambon Djunaidi dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Jumat (28/8).

Dijelaskan, korban saat ditemukan, sementara terapung-apung di perairan Tayando akibat mesin long boatnya mati. Korban kemudian dibawah ke atas KN Bharata, sambil tim rescue mencoba memperbaiki mesin long boatnya.

Setelah diperbaiki, dan mesinya kembali hidup, korban bersama long boatnya kemudian di kawal kembali menuju ke Kota Tual.

Baca Juga: Tiga Calon Taruna AKPOL Asal Maluku Lolos Seleksi Pusat

“Dalam pencarian korban ini melibatkan tim rescue gabungan yang menggunakan KN Bharata terdiri dari personil Pos SAR Tual, Lanal Tual, Koramil Tual, Lanud Tual, Brimob Tual, Polairud Tual, KP3 Tual, Syahbandar, Bakamla dan BPBD Tual,” rinci Djunaidi.(S-39)