AMBON, Siwalimamews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena menyambut baik pelaksanaan Amboina Wisata Auto Moto Rally yang merupakan bagian dari perayaan HUT Kota Ambon ke 448 itu. Untuk itu ia berjanji akan memasukan kegiatan tersebut dalam agenda tahunan Pemkot Ambon.

Janji tersebut disampaikan walikota saat penyerahan piala dan bonus bagi para pemenang Amboina Wisata Auto Moto Rally 2023 di Pantai Sopapei, Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (9/9).

Walikota mengaku, dalam rangka HUT Kota Ambon, berbagai kegiatan digelar untuk menggairakan partisipasi warga kota, ini sekaligus mendukung tema HUT tahun ini Ambon Par Samua. Oleh karena itu ketika kegiatan ini akan dilakukan oleh Yogip 35 Sport dan Art Activity, pemkot menyambut baik.

“Kami pastikan Amboina Wisata Auto Rally ini akan dilaksanakan rutin setiap tahun,” janji walikota.

Menurut walikota, dari kegiatan ini paling tidak ada tiga hal yang didapatkan, yaitu semua warga kota turut merasakan evoria perayaan HUT dan Yogip adalah bagian dari warga Kota Ambon yang bersama-sama turut memeriahkan perayaan HUT kota ini.

Baca Juga: Agustus, Inflasi Gabungan Kota di Maluku Alami Penurunan

“Ini kegiatan yang melibatkan banyak orang, dan ini bisa meningkatkan rasa kebersamaan, persaudaraan, kesatuan dan persatuan antar warga kota. Dengan itu kita terus termotivasi untuk menjaga kota ini dan menghindarkan diri dari perilaku-perilaku negatif,” tandas walikota.

Sebelumnya, ketua pelaksana kegiatan Brampie Talakua dalam laporannya mengatakan, lomba ini terdiri atas 2 kategori, yaitu Wisata Auto Rally yang diikuti 55 peserta dan wisata motor rally diikuti 51 peserta, yang mana para peserta telah menempuh jarak sejauh 143 kilo meter dengan waktu tempuh selama 5 jam 8 menit.

Lomba ini selain dalam rangka perayaan HUT Kota Ambon ke-448, juga memperebutkan piala bergiliri dan piala tetap serta bonus uang pembinaan.

“Hasil pelaksanaan telah ditetapkan dalam SK Panitia Nomor:O1/PANPELJAWAMR/09/ 2023 tanggal 01 September 2023 tentang penetapan juara dan besarnya bonus juara,”tuturnya.

Dia menambahkan, maksud diadakannya Amboina Wisata Auto Moto Rally 2023 adalah salah satunya untuk perwujudan tanggung jawab YOGIP 35 dalam rangka mengembangkan olahraga otomotif di Kota Ambon.(S-25)