AMBON, Siwalimanews – sepanjang tahun 2021 kemarin, jumlah kecelakaan yang ditangani  Kantor Sar Ambon masih terbilang cukup tinggi.

Dimana, tercatat sebanyak 73 kasus kecelakaan yang meliputi, kecelakaan kapal, bencana alam, kondisi membahayakan manusia, serta penanganan khusus, seperti kecelakaan mobil membutuhkan peralatan khusus untuk mengeluarkan korban.

Dari puluhan kasus ini, terdapat 940 korban yang antaranya 10 korban meninggal dunia dan 43 korban lainnya dinyatakan hilang. Dari total kecelakaan yang terjadi, didominasi kecelakaan kapal, dengan total kejadian 54 kasus.

“Yang paling banyak kecelakaan kapal dengan total 54 kasus dan jumlah  korban sebanyak 922 orang, dimana 10 diantanya meninggal dunia dan 36 dinyakan hilang serta 876 korban selamat,” jelas Kepala Kantor SAR Ambon Mustari dalam rilsinya yang diterima redaksi Siwalimanews, Kamis (6/1).

Selain kecelakaan kapal kata Mustari, kondisi membahayakan manusia juga terbilang tinggi, dengan total kasus 17 kejadian dengan menelan korban 17 orang, dimana 5 orang meninggal dunia, 7 orang dinyatakan hilang dan 5 orang selamat.

Baca Juga: Desember Maluku Alami Inflasi 0,82 Persen

Ia berharap, dengan data yang ada, masyarakat dapat lebih berhati-hati dan memperhatikan faktor keselamatan dengan memperhatikan kondisi alam di sekitar.

“Kita himbau agar masyarakat lebih berhati hati, dan memperhatikan faktor keselamatan pada saat melaksanakan aktivitas, atau kegiatan diperairan Maluku dan sekitarnya. Harapan kami di tahun 2022 ini, kecelakan- kecelakaan dapat terhindari,” harapnya. (S-45)