AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin M Wattimena, mulai menerapkan sistem yang diterapkan oleh mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, di Pemkot Ambon, yaitu membuka ruang kepada masyarakat untuk menyampaikan langsung keluhan atau aspirasi kepada dirinya.

Kepada wartawan di Balai Kota, Rabu (3/8) kemarin, walikota mengaku telah menetapkan setiap hari Jumat sebagai waktu untuk bertatap muka dengan warga kota selama 2 jam, untuk mendengar langsung keluhan wargakota.

“Hal ini penting, karena pemerintah perlu lebih membuka diri bagi masyarakat dalam aspek pelayanan, terutama apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,” ujar walikota.

Gebrakan baru Walikota ini dipastikan akan disambut baik oleh warga kota, sebab warga kota dapat langsung beraudiens dengan walikota yang akan didampingi para pimpinan OPD, tanpa harus menyurat terlebih dahulu.

Dengan memberikan kesempatan bagi warga kota, walikota mengharapkan ke depan tidak ada lagi warga kota yang mengeluh dengan pelayanan pemerintah.

Baca Juga: Danpusenif: Pembentukan Prajurit Sangat Diperlukan

“Dua jam layanan bersama masyarakat untuk sampaikan aspirasi secara langsung kepada pemerintah, bisa tentang apa saja, dan program itu akan berlaku secara berjenjang, mulai dari Balai Kota hingga ke Kantor Camat, desa, negeri dan kelurahan, mulai dari jam 08.00-10.00 WIT. Di Balai Kota, nanti saya dan seluruh pimpinan OPD menemui masyarakat, siapa saja boleh datang dan silahkan menyampaikan aspirasinya,” ucap walikota.

Walikota mengaku, program tersebut sengaja dilakukan sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat, sehingga tidak ada lagi sekat antara pemerintah dan masyarakat.

“Ada banyak keluhan masyarakat yang memang tidak tersampaikan secara baik kepada pemerintah, dan sebaliknya ada hal yang dikerjakan oleh pemerintah tidak sesuai dengan harapan atau keinginan masyarakat itu sendiri,” tutur walikota. (S-25)