AMBON, Siwalimanews – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku telah menyelesaikan rekapitulasi suara pemilU serentak untuk DPR RI, alhasil istri Gubernur Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail meraih suara terbanyak.

Kendati penetapan caleg DPR RI bukan menjadi kewenangan KPU Maluku melainkan KPU RI, namun berdasarkan hasil rekapitulasi suara telah tergambar empat caleg yang akan mewakili masyarakat Maluku di parlemen.

Keempat caleg peraih suara terbanyak tersebut di posisi pertama ditempati caleg asal Partai Amanat Nasional yang juga istri Gubernur Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail.

Widya sendiri sesuai hasil rekapitulasi mengantongi 163.315 suara sah, dengan akumulasi suara partai mencapai 178.770 suara atau unggul jauh dari calon lainnya.

Posisi kedua ditempati srikandi asal PDIP yang juga caleg petahana Mercy Barends yang mengantongi 100.703 suara sah dengan jumlah akumulasi suara partai 145.777 suara.

Baca Juga: Hasil Dikoreksi, Mauren Ungguli Tuankota di Malteng

Selanjutnya Partai Keadilan Sejahtera menduduki posisi ketiga dengan mengantongi akumulasi suara partai 146.716 suara dan meloloskan caleg petahana Saadia Uluputty setelah mendapatkan 93.119 suara pribadi.

Sedangkan posisi keempat ditempati caleg partai besutan Calon Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto yakni Gerindra, Hendrik Lewerisaa yang unggul telak dari rival separtainya.

Lewerissa yang digadang-gadang bakal maju Maluku 1 ini mendapat suara pribadi 99.911 suara dengan akumulasi suara partai 136.989  suara.

Sementara, caleg petahana Partai Nasdem Abdullah Tuasikal harus puas dengan menempati posisi kelima dengan mengantongi suara pribadi 40.140 suara dengan akumulasi suara partai 91.835 suara.

“Untuk DPR RI kan nanti ditetapkan dalam rekapitulasi hasil perolehan suara tingkat nasional yang akan kita lakukan sebentar,” jelas Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun.(S-20)