AMBON, Siwalimanews – KPU Maluku melakukan pengkoreksian terhadap dokumen D hasil Kabupaten Maluku Tengah, terkait pergeseran suara antar caleg di dalam tubuh Partai Perindo.

Alhasil, calon anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Maluku Tengah Mauren Vivian Haumahu unggul dari rival separtainya Abdullah Tuankota.

Sebelumnya, berdasarkan dokumen D hasil kabupaten yang dibacakan KPU Maluku Tengah, Abdullah Tuankota dengan mengantongi 5.663 suara, sedangkan calon petahana Mauren Vivian Haumahu hanya mengantongi 5.661 suara atau selisih dua suara.

Namun, setalah dilakukan pengkoreksian, jumlah suara calon petahana Mauren Vivian Haumahu, justru mengungguli Tuankota, dimana Mauren mengantongi 5.593 suara sedangkan Tuankota hanya mengantongi 5.479 suara.

“Kami sudah melakukan pencocokan dan pencermatan dan terjadi perubahan data. Kita tidak melakukan perubahan terhadap D hasil kecamatan maupun D hasil Kabupaten, tapi mengisi secara terpisah pada D hasil provinsi,” ujar Tianotak.

Baca Juga: Diduga Ribuan Suara Calon DPD Migrasi ke Nono Sampono

Tanotak menjelaskan, di Kecamatan Pulau Haruku terdapat ada 25 TPS dari enam desa, yakni Desa Oma, Rohimoni, Haruku Hulaliu, Pelauw dan Kailolo, setelah dilakukan penelitian terjadi pengkoreksian angka, dimana angka akhir untuk Kecamatan Pulau Haruku suara partai tetap 12, Mauren Vivian Hauhamu 1.292 suara dan Abdullah Tuankota mendapatkan 1.566 suara.

Selanjutnya di Kecamatan TNS, dari 44 TPS yang disampaikan Bawaslu, KPU telah melakukan penelitian dan penyadingan dan terjadi perubahan pada 16 negeri di kecamatan ini.

“Mulai dari Jerili sampai dengan Watludan, hasilnya terjadi perubahan untuk suara Mauren Vivian menjadi 181 suara dan Abdullah Tuankota menjadi 180 suara sehingga total suara partai dan suara calon sebanyak 629 suara,” jelasnya.

Perubahan data dua kecamatan tersebut kata Tianotak, digabungkan sehingga jumlah suara partai tidak mengalami perubahan yakni 285 suara, sedangkan Mauren Vivian Haumahu mendapatkan 5.593 suara sementara Abdullah Tuankotta 5.479 suara dengan total akumulasi 19.647 suara. (S-20)