AMBON, Siwalimanews – Untuk memenuhi kebutuhan uang tunai bagi masyarakat selama bulan Ramadhan tahun ini, maka Bank Indonesia Perwakilan Maluku menyediakan uang tunai pecahan kecil sebesar Rp936,6 miliar.

Pemenuhan kebutuhan uang tunai ini dalam rangka menjalankan pogram Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri atau yang dikenal Serambi.

Kepala Kantor Perwakilan BI Maluku Rawindra Ardiansah disela-sela kegiatan yang berlangsung di kantor tersebut, Senin (18/3) mengatakan, tahun ini jumlah uang yang disediakan meningkat 5,5 persen dibanding tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp887,9 miliar.

Peningkatan yang sama juga terjadi secara nasional yang disiapkan BI pusat di Jakarta, yang mana tahun sebelumnya Rp188,8 triliun dan di tahun ini naik 4,65 persen menjadi Rp197,6 triliun.

“Peningkatan itu karena kami melihat berdasarkan pertumbuhan ekonomi di Maluku yang tetap diatas 5% (5,21%) dan dengan berakhirnya covid, sehingga mobilitas masyarakat semakin aktif di Maluku ditambah libur panjang yang mana itu pasti kebutuhan juga akan meningkat,”ujarnya.

Baca Juga: Diduga Ribuan Suara Calon DPD Migrasi ke Nono Sampono

Menurutnya, ini merupakan kegiatan BI se-Indonesia dan untuk Maluku sendiri, terdapat enam bank yang turut terlibat sebagai bentuk tanggung jawab pelayanan kepada masyarakat selama bulan Ramadhan, sekaligus menjalankan  tiga pilar, yaitu pemenuhan kebutuhan uang, layanan kas dan juga edukasi tentang rupiah.

“Dalam program ini kami juga menyiapkan kas titipan dibeberapa tempat di daerah, dan untuk pelayanan kas keliling ditotalkan 61 titik, 9 titik kas keliling ditempat-tempat strategi, sedangkan untuk layanan di perbankan ada di 52 titik dan ada juga layanan digitalisasi melalui aplikasi pintar BI,” jelasnya

Ia menambahkan, penukaran uang melalui kas keliling ini dibatasi  untuk BI sendiri, sebab dimaksimalkan Rp4 juta/orang, sedangkan untuk masing-masing bank maksimal Rp3,7 juta/orang.(S-25)