AMBON, Siwalimanews – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Rawindra Ardiansah, disela-sela kegiatan Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri atau Serambi 2024 yang berlangsung di kantor tersebut, Senin (18/3) mengajak masyarakat Maluku untuk membiasakan diri bertransaksi secara non cash.

“Harapannya masyarakat semakin membiasakan untuk transaksi apapun dalam bentuk non cash,” ujar Ardiansah.

Kebiasaan itu juga kata Ardiansah, bisa dimulai antar keluarga seperti pemberian THR secara non cash atau non tunai, yaitu dengan melakukan transfer.

“Dari pada kasih tunai hanya Rp50 ribu, mending ditransfer Rp100 ribu misalnya. Ya bedanya hanya tidak terima uang secara langsung,” jelas Ardiansah.

Namun dengan cara itu kata dia, akan menjadi sebuah kebiasaan untuk mendukung upaya perbankan, agar masyarakat tidak harus menerapkan sistem cash dalam setiap transaksi.

Baca Juga: Ini Sembilan Caleg DPRD Maluku Dapil Vlll Dipastikan Lolos

Selain itu, soal edukasi cinta rupiah, masyarakat juga harus lebih mencintai rupiah dengan melakukan transaksi apapun menggunakan rupiah, ketimbang harus menggunakan uang asing, seperti yang sering terjadi di daerah perbatasan.

“Jadi selain paham rupiah juga harus cinta dan bangga dalam menggunakan rupiah. Ini terutama di daerah-daerah perbatasan agar tidak menggunakan uang asing,” pintanya.

Pihaknya juga mengapresiasi seluruh perbankan yang sudah membantu dan berkolaborasi dengan BI untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2024 ini.(S-25)