AMBON, Siwalimanews – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Ambon, meraih juara terbaik pertama pengelola program bidang pengendalian penduduk, dan terbaik pertama pengelola kampung keluarga berkualitas tingkat Provinsi Maluku.

Penghargaan ini diserahkan oleh Deputi Pelatihan dan  Pengembangan SDM BKKBN RI, Muhammad Rizal Martua Damanik dan diterima oleh Kepala Dinas PPKB Juliana Welhelmina Patty, di The Natsepa Hotel, Selasa (29/3).

Usai menerima penghargaan itu kepada wartawan Patty mengaku, penghargaan yang diberikan tersebut telah melalui proses penilaian secara rahasia oleh BKKBN RI yang turun langsung ke 11 kota/kabupaten yang ada di Maluku, tak terkecuali Kota Ambon.

“Penilain tersebut dilaksanakan pada 50 desa/kelurahan yang berada di lima kecamatan yang ada di kota ini. Penilaian itu secara diam-diam dan dilaksankan selama tiga minggu oleh Pengawas Funsional BKKBN RI, ke 11 kota/kabupaten di Maluku, termasuk mereka turun ke 50 desa/kelurahan di Kota Ambon,” ungkap Patty.

Menurutnya, penilaian tersebut berdasarkan hasil survey yang dilakukan kepada warga Kota Ambon dalam selang waktu tiga minggu tersebut, tanpa diketahui oleh pemkot, dalam hal ini Dinas PPKB, selaku dinas terkait.

Baca Juga: Ahli Waris Sertu Basri Terima Santunan Jasa Raharja

Disinggung terkait dengan kriteria penialian apa saja yang dibocorkan oleh tim saat memberikan penghargaan dimaksud, Kadis mengaku, palayanan publik menjadi kriteria penting saat proses survey berlangsung.

“Penilaian mereka itu ada beberapa terkait dengan dukungan pemerintah kota, kemudian bagaimana kita melakukan pelayanan publik kepada masyarakat,” paparnya.

Selain kedua hal tersebut kata Patty, yang menjadi pokok utama penilaian yakni, perwujudan dari program pemerintah pusat yaitu upaya mewujudkan keluarga berkualitas yang hidup dalam lingkungan yang sehat, dalam program Bangga Kencana juga diperhatikan oleh pemerintah pusat.

“Penilaian terbesar itu bagaimana Pak Walikota, Pak Wawali dan Pak Sekot berpartisipasi dalam perwujudan program Bangga Kencana, dan itu penilaiannya,” jelas Patty.

Sampai sejauh ini tambah Patty, pemerintah begitu berperan aktif dalam setiap perwujudan program yang diturunkan dari pusat, sehingga dirinya berharap, melalui penghargaan yang diterima, tentunya pelayanan masyarakat lebih ditingkatkan sebagai bentuk perwujudan setiap program yang diturunkan ke daerah yang perlu diimplementasi guna meminimalisir hal yang tak diinginkan di masyarakat.

“Harapan saya, semoga Kota Ambon tetap berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan dapat menurunkan stunting dengan baik, sehingga bersumberdaya handal, sehingga Ambon sehat, Ambon maju, Ambon cerdas, Ambon aman, dan Ambon luar biasa semakin diwijudkan,” harapnya. (S-21)