AMBON, Siwalimanews – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy membuka lomba akbar dengan melibat­kan 1000 siswa PAUD se-Kota Ambon, Sabtu (14/3)) yang berlokasi di Lapangan Merdeka Ambon.

Dalam sambutannya, walikota membe­ri­kan peringatan keras kepada seluruh guru PAUD yang tidak menyiapkan tim dokter maupun ambulance.

“Saya akan menggantung kalian apa­bila terjadi hal buruk kepada anak-anak yang mengikuti lomba pagi tadi,” katanya

Menurut Louhenapessy dalam sambu­tannya untuk kegiatan seperti ini tim penyelenggara dituntut harus memper­siapkan ambulance atau dokter untuk mengantisipasi hal buruk yang mungkin akan terjadi.

“Saya minta betul dari Dinas Pendidikan maupun penyelenggara PAUD kalau ada yang sakit atau terjadi apa-apa saya gantung kalian, sudah harus peka ada ambulance dan dokter kalau ada apa-apa sudah langsung ditangani,” tegasnya.

Baca Juga: Pekan Depan Disperindag Tarik Undian Pedagang

Selain mengingatkan para guru akan tingkat keselamatan dan kenyamanan para siswa PAUD, Louhenapessy juga menjelaskan betapa penting kegiatan yang diikuti oleh anak mereka ini.

Menurutnya, kegiatan tersebut baik dalam melatih mental mereka dalam mengikuti perlombaan serta memberi peluang yang baik bagi pergaulan.

“Buat orang tua kegiatan ini sangat penting untuk anak-anak agar saling membaur satu dengan yang lain, tidak hanya kenal teman satu PAUD tetapi kenal juga dengan teman dari PAUD yang lain, serta baik melatih anak-anak agar ber­sikap sportif dalam perlombaan,” tutrnya.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan sangat baik bukan hanya melatih sikap dan mental, namun melalui perlombaan ini dapat mengajarkan anak-anak tentang kebersamaan dan persaudaraan.

“Perlombaan ini bukan soal juara tapi soal kebersamaan dan persaudaraan itu paling penting satu dengan yang lain,” ujarnya.

Louhenapesy dalam menutup sambu­tannya meminta, agar orang tua dan guru untuk terus menjaga masa depan anak-anak. “Saya minta dari guru-guru dan orang tua untuk jaga masa depan anak-anak,” harapnya. (Mg-6)