AMBON, Siwalimanews – Guna membangun sinergitas dengan media, Bawaslu  Maluku dibawah pimpinan Astuti Usman mengunjungi Kantor Redaksi Siwalima, Senin (4/10).

Rombongan Ketua Bawaslu Maluku bersama sejumlah stafnya itu diterima oleh Redaktur Pelaksana Harian Pagi Siwalima. Lootje Pattipawae didampingi koordinator liputan, Batje Warlauw dan redaktur Frangky Lekeneny dan Febby Koenoe.

Astuti mengungkapkan dalam menghadapi pemilihan umum dan atau pemilihan serentak tahun 2024 nanti, Bawaslu Provinsi Maluku melaksanakan program Mangente dan Bastori Pemilu.

“Kita dalam rangka mempersiapkan tahapan pemilihan umum dan pemilihan serentak tahun 2024, Bawaslu Provinsi Maluku melalui program mangante dan bastori pemilu. Tujuan kami ingin dekat dengan masyarakat sekaligus membangun sinergitas dengan media,” jelas Astuti.

Kata dia, media memiliki peranan  yang penting dalam rangka memberikan informasi bagi masyarakat tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan Bawaslu, karena itu pihaknya akan melakukan berbagai kegiatan baik itu sosialisasi dan diskusi

Baca Juga: Apresiasi Penanganan Covid, Menko Ingatkan Tetap Waspada

Selain itu, pihaknya ingin membangun sinergitas dengan media untuk bersama-sama mengawal demokrasi.

Karena itu, lanjut Astuti, pihaknya ingin membangun jaringan dengan seluruh elemen masyarakat  terutama media untuk turut mengkawal demokrasi.

Redaktur Pelaksana Harian Pagi Siwalima, Lootje Pattipawae mengapresiasi tujuan Bawaslu Maluku untuk membangun kerja sama dan sinergitas dengan media.

Menurutnya, Bawaslu memiliki peranan penting dalam rangka mengawasi proses pemilu umum/pemilihan serentak tahun 2024 nanti baik yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu maupun petugas dilapangan, karena itu akses informasi harus terbuka untuk media.

“Siwalima mengapresiasi tujuan Bawaslu untuk membangun sinergitas karena tugas mengawal pilkada yang demokratis itu tugas bersama, tetapi yang sangat diharapkan akses informasi tidak boleh tertutup,” katanya. (S-19)