AMBON, Siwalimanews – Untuk meningkatkan mutu pendidikan di Maluku, maka  Universitas Pattimura Ambon, Jumat (25/6) melaunching sekolah laboratorium yang diperuntukan bagi siswa SD,SMP hingga SMA.

Rektor Unpatti  MJ Saptenno dalam arahan saat launching sekolah tersebut menilai, sebagian besar guru kurang bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik, sehingga berimbas pada lulusan yang kurang berkualitas.

“Sekolah laboratorium yang digagas Unpatti merupakan bagian dari upaya dalam menghasilkan lulusan atau SDM yang berkualitas. Kedepan direncanakan sekolah ini akan didesign bersama, sehingga para siswa lebih disiplin, dengan proses rekruitmen calon siswa dilakukan secara objektif,” ujarnya.

Rektor mengaku, para alumni berkualitas sebagaimana sasaran utama sekolah ini dibangun, memiliki kemampuan dasar yang baik sehingga mampu berkompetisi di tingat lokal, nasional bahkan internasional.

Kepala Badan Penyelenggara Sekolah Laboratorium Unpatti Anatasija Limba, menambahkan, pendaftaran siswa untuk sekolah ini dilakukan secara online sejak tanggal 23-28 Juni 2021.

Baca Juga: Pasca Gempa, Warga Tehoru Enggan Kembali ke Rumah

“Kuota penerimaan maksimum hanya 25 siswa dengan pembelajaran dilengkapi platform zoom, G-meet, G-classroom dan Teams 365,” ucapnya.

Selain itu kata dia, untuk jenjang SD dan SMP dibagi dalam 2 rombongan belajar, masing-masing 25 siswa, sementara jenjang SMA ada 3 jurusan yakni IPA, IPS, dan Bahasa.

Untuk staf dan tenaga pengajar memiliki kualifikasi pendidikan magister, dan doktor dari FKIP Unpatti dan diluar FKIP, khusus untuk pengajar musik.

Untuk diketahui, Sekolah ini dilengkapi dengan perpustakaan, laboratorium komputer dan IPA, lapangan dan gedung olahraga serta rumah ibadah, tetapi juga ditunjang dengan program ektrakulikuler.(S-51)