AMBON, Siwalimanews – Universitas Pattimura kembali mewisudakan 1.547 lulusannya dalam Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka wisuda sarjana, magister, doktoral maupun PSDKU di dua kabupaten.

Jumlah itu terdiri dari yang terdiri dari 1.072 lulusan strata satu, 387 profesi guru, 84 lulusan program magister dan 4 lulusan doktoral.

Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dipimpin Ketua Senat, S.E.M Nirahua, dan dihadiri oleh Rektor Unpatti F Leiwakabessy dan seluruh civitas akademika yang berlangsung di Auditorium Unpatti, Senin (18/12).

Ketua senat S.E.M Nirahua dalam sambutan mengatakan wisuda kali ini terdiri dari Fakultas Hukum sebanyak 134 lulusan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 146 lulusan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 609 lulusan.

Selanjutnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 148 lulusan, Fakultas Pertanian 51 lulusan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 56 lulusan, Fakultas Teknik 183 lulusan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 49 lulusan dan Fakultas Kedokteran 20 lulusan.

Baca Juga: Unpatti Terus Berupaya Lahirkan Pemimpin Masa Depan

Sedangkan untuk PSDKU Ke­pulauan Aru sebanyak 43 dan PSDKU Maluku Barat Daya se­banyak 20 lulusan dan pasca­sarjana akademik 88 lulusan.

“Mereka diwisudakan berda­sarkan Keputusan Rektor Universitas Pattimura nomor 4000/UN13/SK/2023,” jelasnya.

Diketahui, dari ribuan lulusan, lima lulusan diantaranya mendapat predikat cumlaude. Salah satunya adalah Kepala Bappeda  Kota Ambon, Dr. Enrico Rudolf Matitaputty, Pascasarjana, dengan Program Studi S3-IImu Kelautan.

“Ijazahmu ada pada gelarmu. Mungkin anda (para lulusan) menganggap ijazah ini sebagai tiket menuju kehidupan yang lebih baik. Tapi tidak demikian, ijazah ini adalah tiket untuk mengubah dunia,” kata Nirahua.

Untuk itu ia meminta kepada lulusan untuk selalu berkontribusi dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Orang hebat tidak dihasilkan dengan kemudahan atau kesenangan, tapi dibentuk oleh kesukaran, tantangan dan air mata,” tuturnya.

Di akhir sambutan, ia me­nyampaikan terima kasih kepada mantan Rektor, MJ Sapteno dan keluarga dan juga selamat kepada rektor baru atas tugas yang diembannya.

“Saya mengajak seluruhnya agar tetap bergandengan tangan mem­bangun kampus orang basudara ini,” pintanya. (S-25)