AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka meningkatkan disiplin berlalulintas, maka Polda Maluku dalam melaksanakan operasi Simpatik Salawaku 2023 melakukan sjumlah inovasi,  dimana tidak hanya fokus pada pelanggaran yang dilakukan pengendara, namun pencegahan juga menjadi sasaran operasi.

Salah satu inovasi yang dilakukan yakni memberikan edukasi pentingnya berlalu lintas di ruang-ruang publik, bahkan menyasar para pelajar dengan menggulirkan program Police Goes to School.

Salah satu tujuan menggulirkan program ini yaitu, untuk meningkatkan disiplin dan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas. Program Police Goes to School yang dipimpin Direktur Lalu lintas Polda Maluku Kombes Rusdy Pramana Suryanagara dilaksanakan di SMAN 2 Ambon, Senin (28/8).

Pada upacara bendera di SMA Negeri 2 Ambon, Dirlantas bertindak sebagai inspektur upacara sekaligus membacakan amanat Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif.

Kapolda dalam amanatnya mengatakan, Polda Maluku dan jajaran saat ini sedang melaksanakan operasi Simpatik Salawaku 2023. Operasi digelar sejak tanggal 21 sampai dengan 30 Agustus 2023. Operasi ini mengusung tema Sadar Berlalu Lintas Sumbangsih Keselamatan Bangsa.

Baca Juga: Walikota: Talenta Setiap Orang Harus Dipersembahkan Bagi Tuhan

“Operasi ini dilaksanakan dengan mengedepankan kegiatan-kegiatan yang bersifat preemtif, preventif dan edukasi kepada masyarakat,” ungkapnya.

Pada upacara tersebut, Polda Maluku juga akan memberikan penyampaian materi berlalu lintas serta pelatihan uji praktek SIM untuk kendaraan roda dua kepada kelompok remaja atau pelajar yang merupakan calon pengemudi kendaraan roda dua.

Menurutnya, permasalahan di bidang lalulintas dewasa ini telah berkembang sangat cepat dan dinamis.

“Hal ini sebagai konsekuensi meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi jumlah penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Berbagai permasalahan tersebut diantaranya adalah meningkatnya pelanggaran lalu lintas yang menyebabkan kecelakaan dan kemacetan,”ungkapnya.(S-10)