AMBON, Siwalimanews – Pangkalan Utama TNI Angakatan Laut IX Ambon memperingati HUT Polisi Militer Angkatan Laut ke-78.

Peringatan HUT yang digelar dalam apel yang berlangsung di lapangan upacara Mako Lantamal IX Halong, Selasa (20/2) dipimpin Danlantamal IX Brigjen (Mar) Said Latuconsina.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut  Lakasamana Muhammad Ali dalam amanatnya yang dibacakan Danlantamal mengatakan, polisi militar TNI AL merupakan institusi penegakan hukum di lingkungan TNI AL yang memiliki tugas pokok sebagai penegak disiplin, tata tertib dan hokum, merupakan salah satu institusi yang berperan penting dan strategis dalam membangun TNI AL.

Selain itu, Polisi Militer TNI AL juga kmenyandang fungsi penyidikan, penyelidikan kriminal, penegakan disiplin dan tata tertib, penegakan hukum, pengamanan fisik, pembinaan tata tertib militer serta pengurusan tawanan perang.

“Dengan tugas-tugas itu, saya menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi kinerja Pomal. Pesan saya, Pomal terus beradaptasi dan meningkatkan kapabilitasnya dengan perkembangan zaman, sehingga dapat menghadapi berbagai ancaman dan tantangan kejahatan,” pinta Kasal.

Baca Juga: Peringati HUT ke-60, PT Angkasa Pura Gelar Aksi Donor Darah

Pada kesempatan itu Danlantamal juga minta agar, momen HUT Pomal tahun ini adalah tonggak pengingat pengabdian Pomal selama 78 tahun.

Untuk itu, ia berharap agar Pomal dapat terus berkiprah dan berbenah diri serta meningkatkan kapabilitas sumberdaya manusianya sehingga mampu menghadapi tantangan perkembangan teknologi dan informasi serta dapat mengatasi kejahatan konvensional maupun dunia maya.

“Itu sejalan dengan tema HUT Pomal Ke-78, yakni Dengan Semangat Wijna Wira Widhayaka Polisi Militer Angkatan Laut Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut Guna Mewujudkan Indonesia Maju,” tandas Danlantamal.(S-25)