AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 21 siswa Sekolah Inspektur Polisi atau SIP angkatan 52 tahun 2023 akan menjalani latihan teknis dan latihan kerja di Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

Kedatangan para siswa ini diterima Kapolresta Pulau Ambon Kombes Driyano Andri Ibrahim di aula Prima Polresta, Senin (28/8).

Puluhan siswa SIP ini rencananya akan ditempatkan di sejumlah polsek yang masuk dalam wilayah hukum Polresta Ambon.

Kapolresta Ambon Kombes Driyano Andri Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Latja Latnis dimulai dari 28 Agustus hingga 16 September nanti. Latnis dan Latja yang dilaksanakan di 4 Polsek jajaran yakni, Polsek Sirimau, Polsek KPYS, Polsek Baguala dan Polsek Teluk Ambon.

“Siswa SIP 52 dalam melaksanakan Latja maupun Latnis dibagi ke polsek-polsek diantaranya  Polsek Sirimau sebanyak 5 Siswa,  KPYS 5 siswa,  Polsek Teluk Ambon 5 siswa dan Polsek Baguala 6 Siswa,” jelas kapolresta.

Baca Juga: Walikota Ajak Warga Perangi TBC dan Stunting

Kegiatan yang dilaksanakan ini kata kapolresta, guna mengimplementasi ilmu yang diperoleh selama pendidikan, juga mengasah kelayakan sebagai calon perwira nantinya.

“Latnis dan Latja dilaksanakan untuk mengimplementasikan  ilmu yang telah dapat pada saat pendidikan untuk dipraktekan pada saat dikewilayahan nantinya, karena setelah dilantik, perwira Polri harus mempunyai rasa memiliki kepada institusi, sebagai dasar penilaian dalam kegiatan ini,” ucap kapolresta.

Penyelenggaraan latja lanjut kapolresta, bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sebelum diberikan wewenang dan tanggung jawab penuh dalam melaksanakan tugas kepolisian sebagai perwira.

“Diharapkan dengan ilmu yang didapat dan pengalaman selama Latja benar-benar bisa membentuk jiwa kepribadian sebagai sosok perwira Polri yang berdisiplin tinggi, jujur dan bertanggungjawab, bermoral serta beretika, professional dan dipercaya masyarakat,” harap kapolresta.(S-10)