AMBON, Siwalimanews – Tahapan pemilihan Rektor Universitas Pattimura, kini mulai masuk dalam tahapan penyampaian visi dan misi dari kelima bakal calon Rektor npatti periode 2023-2027.

Namun saat memasuki tahapan penyUampaian visi dan misi bakal calon yang berlangsung, Senin (28/8) di lantai II Gedung Rektorat Unpatti yang berlangsung dalam Rapat Senat Universitas Pattimura dalam rangka penyampaian visi misi program kerja, tanya jawab bakal calon rektor dan pemilihan calon rektor periode 2023-2027 yang dipimpin oleh Prof Dr S E M Nurahua di warnai hujan interupsi.

Interupsi pertama dilontarkan oleh anggota senat Prof Dr Tony Pariela, yang mena mempertanyakan masalah dugaan plagiat yang dilakukan oleh salah satu bakal calon rektor yakni Prof Dr Izak Wenno.

“Saya minta agar ketua senat yang memimpin rapat senat ini agar dapat menindaklanjuti surat klarifikasi dari Kementerian Pendidikan Riset Dikti, dengan membuktikan benar tidaknya plagiat yang dilakulan Prof Dr Izak Wenno,” tandas Pariela.

Menurut Pariela, masalahnya sederhana yaitu membuktikan apakah yang bersangkutan pernah melakukan plagiat atau tidak. Kalau dikatakan bahwa ini jangan dibahas dalam forum rapat senat ini, maka surat kementerian juga semestinya tidak ada dalam agenda ini, namun karena sudah disampaikan, maka harus dibahas.

Baca Juga: Walikota Ajak Warga Perangi TBC dan Stunting

Hal yang sama juga diinterupsi oleh sebagian besar anggota senat lainnya yang meminta agar dugaan plagiat itu dapat dibuktikan.

Lantaran pembukaan tersbeut diwarnai hujan interupsi, maka rapat senat tersebut diskors guna memutuskan perihal persoalan dugaan plagiat Prof Dr Izhak Wenno, sehingga belum masuk pada penyampaian visi dan misi para balon rektor.

Pantauan Siwalimanews, hingga pukul 10.20 WIT, rapat senat yang juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pendidikan Riset Dikti itu, belum juga dimulai sesuai agenda awal yaitu penyampaian visi misi.

Untuk diketahui, kelima bakal calon rektor Unpatti periode 2023-2027 yakni,  Dr Drs Jusuf Madubun,M.Si, Prof Dr Fredy Leiwakabessy,M.Pd, Prof Dr Izaak Hendrik Wenno,S.Pd, M.Pd, Prof Dr Pieter Kakisina, S.Pd,M.Si dan Dr Rory Jeff Akyuwen,S.H,M.Hum.(S-25)