AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon, Bode­win Wattimena memastikan akan mengantikan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintahan Kota Ambon.

OPD-OPD yang dinilai kinerja buruk dan tak mampu melaksa­na­kan tugas dan tanggungjawabnya seperti Dinas Perindustrian dan Per­dagangan (Disperindag), Dinas Perhubungan, Dinas Pendapatan, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Lingkungan Hidup dan Per­sampahan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Bap­peda.

Pada Disperindag hingga kini 200 kios yang dibangun diatas trotoar di depan Dinas PU dan Pantai Losari tak difungsikan, bahkan Pedagang Kali Lima belum bisa direlokasi pada lokasi-lokasi yang sudah disiapkan.

Pada Dinas Perhubungan, hingga kini terminal Mardika belum bisa ditata dengan baik begitu juga dengan dinas-dinas yang lainnya.

Wattimena memastikan proses perombakan birokrasi itu akan dilakukan. Kepastian ini disam­paikan Wattimena saat memimpin Sertijab Plt. Direktur PDAM Kota Ambon, Senin (1/8).

Baca Juga: Sekda Diminta Benahi Birokrasi SBT

Wattimena memberikan signal buruk bagi beberapa Kepala OPD yang dianggap tidak mampu men­jalankan tugasnya. Dia menegaskan, bahwa proses ini (pergantian) juga akan dilakukan bagi OPD-OPD yang lain. “Semuanya kita lakukan dan berjalan bersama-sama, tapi ada tahapan dimana kita akan lakukan evaluasi. Dan saya yakin, evaluasi yang saya lakukan nanti, itu objektif,” tandasnya.

Dikatakan, pergeseran atau rolling yang akan dilakukan bagi sejumlah Kepala OPD, itu dilakukan berdasar­kan pertimbangan objektif yang terukur dan dapat dipertanggung jawabkan.

Wattimena meminta, seluruh OPD dilingkup Pemkot Ambon untuk tetap melakukan tugas bersama-sama secara baik. “Mari secara ber­sama-sama, kita lakukan tugas dengan baik, agar semua persoalan yang kita alami saat ini, bisa terselesaikan,”pintanya.

Belum diketahui pasti, siapa saja sejumlah Kepala OPD yang akan bergeser dari posisinya. Namun yang pasti itu akan terjadi dalam waktu dekat ini. (S-25)