AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 200 hingga 500 kg ikan asal Ambon jenis kakap putih atau barramundi dan kerapu disuplai ke Jakarta untuk membantu pemenuhan gizi pasien Covid-19.

Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon, Steiven Patty menga­takan, pengiriman ikan asal Ambon ke Jakarta merupakan tahan ke dua setelah tahap pertama dilakukan bulan April 2020.

“Ini pengiriman kedua kali, pertama sudah dari itu bulan April,” katanya kepada wartawan di Balai Kota, Rabu (15/7).

Pengiriman ikan yang dilakukan oleh pemkot ini, kata Patty, merupakan permintaan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat

“Ini untuk pengiriman ikan itu sebenarnya permintan dari gugus tugas pusat. Pak Dony Moenardo untuk kebutuhan pangan,” tuturnya.

Baca Juga: Hasil Rapat Forkopimda, Jalur Transportasi di Aru Mulai Dibuka

Patty menjelaskan, Pemkot telah mengirimkan ikan-ikan tersebut ke Wisma Atlit Bulungan yang berlokasi di kawasan Senayan Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

“Pengeriman kedua juga telah dikirimkan pada bulan Juli yang langsung diproses menuju Pusat Pendidikan Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD (Angkatan Darat) sebanyak 200 kg untuk ribuan peserta didik,” katanya.

Patty mengungkapakan, jenis ikan yang disuplay merupakan ikan jenis Kakap Putih dan ikan Bobara yang merupakan hasil panen kelompok budidaya botol bekas dari keramba yang berlokasi di Waiheru, Wainitu dan sekitarnya.

“Ikan Kakap Putih dan Ikan Bobara ini kan dari beberapa kelompok nelayan. Kalau di OSM itu namanya Botol Bekas dengan nelayan yang ada di Teluk Dalam di waiheru,” katanya.

Ketika dikonfirmasi terkait dengan pengiriman yang akan dilakukan sampai berapa lama, Patty mengungkapakan, proses pengirimannya akan disesuaikan dengan permintaan dari pusat.

Ia berharap, dengan adanya hal ini dapat membantu para nelayan selama melawati masa pandemi ini. (Mg-6)