AMBON, Siwalimanews – Hujan deras yang menguyur Kota Ambon selama beberapa hari ini mengakibat sejumlah wilayah diterjang tanah longsor.

Sejumlah lokasi yang terjadi longsor yakni, di Desa Hunut, Kecamatan Teluk Ambon. Batu Merah, Soya, Batu Meja dan Batu Gajah, Kecamatan Sirimau serta Nania, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

Kendatipun longsor yang terjadi tidk menimbulkan korban jiwa, tetapi kerugian materil longsor yang terjadi tak sampai menimbulkan korban jiwa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Demy Paays yang dikonfirmasi Siwalima melalui telepon selulernya, Selasa (14/7) membenarkan adanya bencana longsor di sejumlah lokasi itu. “Benar ada longsor terjadi disejumlah kawasan di Kota Ambon diantaranya Hunuth, Batu Merah, Soya, Batu Meja, Batu Gajah dan Nania,” ungkap Paays dalam pesan WhatsAppnya, Selasa (14/7).

Dikatakan, longsor yang terjadi tidak menelan korban jiwa, namun kerugian materil cukup dirasakan oleh masyarakat yang terkena bencana ini. Pihaknya juga sudah memberikan bantuan tanggap darurat kepada setiap keluarga yang terkena musibah ini.

Baca Juga: Gegana Latih Kemampuan Pengenalan Alat 

Paays menghimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap kondisi saat ini, karena hujan masih terjadi dengan intensitas yang cukup tinggi.

“Saya minta semua masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam beraktivitas, terutama bagi yang tinggal di lereng-lereng bukit dan sungai untuk tetap memperhatikan keselamatan diri setiap saat,” himbaunya.

Selain longsor, lanjutnya, akibat hujan maupun angin deras mengakibatkan pohon tumbang menindis rumah keluarga W Lesnussa di Batu Gajah, RT 002/RW 04. Tidak ada korban jiwa, tetapi salah satu keluarga mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

“Kemarin yang di Batu Gajah itu kan luka-luka saja. Tapi sudah di rawat,” katanya.

Ketika dikonfirmasi terkait dengan tanggap darurat yang telah dilakukan oleh dinas, Paays  mengungkapkan, pihaknya bersama Pol PP, Polresta, dan Damkar telah membersihkan lokasi kejadian. “BPBD, Pol PP, Damkar dan dari Polresta sudah membersihkan puing-puing. Dan kita sudah bantu terpal,”  jelasnya.

Paays menambahkan, untuk bantuan makanan telah disalurkan dinas sosial kepada keluarga dan akan berlangsung selama tiga hari kedepan. (Mg-5/Mg-6)