AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon menyampaikan ucapan terima kasih kepada 11 prajurit Kodam XVI/Pattimura karena selama 14 bulan setelah menjalankan misi kemanusiaannya di Afrika. 11 prajurit itu telah selesai melaksanakan Satgas Yon Gerak Cepat TNI Konga XXXIX- C/Monusco, Kongo Tahun 2020.

“Saya berterima kasih,  karena para prajurit kembali dengan lengkap dan sehat.Tidak semua prajurit mendapatkan kesempatan untuk bertugas ke luar negeri, ini suatu pengalaman yang berharga tentunya. Dengan itu, saya berharap ada hal-hal positif yang dibawah, seperti ilmu-ilmu dan keterampilan. Harus jadi contoh bagi personel lainnya di satuan masing- masing. Hargai kesempatan yang telah kalian dapatkan, karena kesempatan tidak datang dua kali, jangan sampai kualitas kalian dari aspek disiplin, loyalitas, dan militansi, kalah,” tandas Pangdam, saat menerima laporan 11 prajurit yang dipimpinan Mayor Kav. Panji Prawira Asa Kusumah, di ruang kerjanya, Jumat (1/7).

Dalam pertemuan itu, ke-11 prajurit itu berbagi pengalaman selama melaksanakan tugas di Afrika.

Tidak lupa, Pangdam juga menyampaikan selamat datang kembali ke satuan masing-masing, setelah selama 14 bulan, atau satu tahun dua bulan, para prajurit melaksanakan tugas, seperti melakukan patroli di masing- masing sektor yang telah ditentukan, membantu pelaksanaan pelucutan senjata, melaksanakan pengintaian, baik di darat maupun udara menggunakan helikopter, dan basis operasi depan.

Yang mana tentu, banyak tantangan yang dihadapi oleh prajurit. “Satgas ini juga melakukan pencegahan terhadap tindakan genosida yang masih terjadi di Afrika, mencegah bentrok antar warga, mencegah kontak senjata dan hal-hal lain yang dapat menyebabkan melukai masyarakat sipil dan pecahnya konflik. Itu tugas yang beresiko. Belum lagi mereka dihadapkan dengan kehidupan sehari-hari, mengingat di Afrika, terjadi krisis air bersih maupun kekeringan,” ujar Pangdam.

Baca Juga: Tuntut Hak, 131 Nakes Pasang Spanduk Protes di Sejumlah Jalan

Untuk diketahui, ke-11 prajurit satgas tersebut berasal dari Batalyon-batalyon dan Balakdam jajaran Kodam XVI/ Pattimura.(S-25)