AMBON, Siwalimanews – Dua proyek jembatan yang didanai lewat APBN tahun 2020 sebesar Rp 140 miliar di Kabupaten Seram Bagian Timur, hingga saat ini tak kunjung selesai dikerjakan alias mangkrak.

Diketahuinya kedua proyek pembangunan jembatan ini mangkrak saat Komisi III DPRD Maluku melakukan pengawasan di Kabupaten SBT.

“Kedua proyek jembatan yang mangkrak itu yakni, jembatan Waitusa dan Waipulu di Kecamatan Siwalalat. Anggaran pada dua jembatan ini masing-masing sebesar Rp 70 miliar, sehingga total keseluruhan Rp 140 miliar,” ucap anggota Komisi III DPRD Maluku Anos Yermias kepada Siwalimanews, melalui telepon selulernya, Senin(28/3).

Ia mengaku, sampai dengan hari ini, pada lokasi proyek sudah terdapat tiang pancang dan peralatan untuk memancang tiang, namun pekerjaannya tidak berjalan, padahal dari total 74 miliar, yang sudah dicairkan sebesar 14 persen.

“Untuk jembatan Waitusa dan Waipulu itu sangat vital, jembatan itu dibangun, pasti orang di Seram khsusnya di Seram Selatan dan Seram Timur sudah sedikit tenang dan terbantu untuk akses keseharian mereka. Namun akibat mangkraknya proyek ini, yang rugi adalah masyarakat SBT,” ucapnya.

Baca Juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan Lebat

Untuk itu ia berharap, pihak BPJN dapat secepatnya menyelesikan pembangunan dua jembatan ini, agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di SBT. (S-51)