DOBO, Siwalimanews –  Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga resmi meluncurkan sekaligus menyerahkan secara simbolis bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa bagi warga yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Aru.

Penyerahan BLT-DD sebesar Rp 600 ribu/KK secara simbolis, dilangsungkan di Desa Durjela Kecamatan Pulau-Pulau Aru kepada 104 KK.

Pada kesempatan tersebut, Bupati berharap penerima BLT-DD pada desa Durjela benar-benar telah terverifikasi berdasarkan hasil musyawarah desa, sehingga mengakomodir masyarakat yang terdampak Covid-19 yang memenuhi syarat, namun sama sekali belum pernah menerima bantuan.

“Bagi yang sudah dapat bantuan PKH maupun BPNT berarti sudah tidak boleh lagi terima BLT, jadi kami harapkan penyaluran ini sesuai dengan regulasi dan aturan. Untuk tahap pertama Rp 600 ribu nanti tahap kedua Rp 300 ribu dan selanjutnya Rp 300 ribu lagi,” urai bupati.

Dikatakan, penyaluran BLT ini akan di awasi oleh Inspektorat, Camat, BPMD dan juga aparat keamanan dan kejaksaan. Agar efektivitas penyaluran bantuan ini sesuai dengan yang diharapkan, maka uang dari BLT ini kiranya dapat digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan pokok.

Penyaluran BLT ini diharapkan juga dilakukan secara transparan, tepat sasaran serta sesuai dengan pendataan dan penuh rasa tanggung jawab.

Sementara itu, Camat Pulau-Pulau Aru, Robertus Ngebursian dalam laporannya menyampaikan, sebelumnya ia telah melakukan rapat bersama Pemdes Durjela terkait dengan mekanisme pembayaran BLT tersebut.

Selain melakukan rapat bersama, pihaknya juga telah melaksanakan sosialisasi tentang Covid-19 dalam menghadapi new normal di tingkat desa.

“Untuk Pak Bupati ketahui, jumlah keseluruhan kepala keluarga di Desa Durjela sebanyak 292 KK. Sedangkan yang berhak menerima BLT ini 104 KK,” urainya.

Apsalom Aninjola perwakilan penerima BLT di Desa Durjela menyampaikan terimakasih kepada pemerintah pusat hingga daerah atas dikucurkannya BLT.

“Kami warga masyarakat Desa Durjela sampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah berikan BLT kepada kami masyarakat kurang mampu di Desa Durjela, ini yang membuat warga merasa terbantu ditengah-tengah wabah Covid-19 saat ini,” ucapnya.(S-25)