BULA, Siwalimanews – Rapid test yang dilakukan oleh Gugus Tugas Kabupaten SBT terhadap 117 warga di kabupaten ini, 18 diantaranya rekatif sementara sisanya non rekatif.

Kepala Dinas Kesehatan SBT M. Abas Rumatamerik menjelaskan, rapid tes yang dilakukan terhadap 117 warga ini terdiri dari para pelakua perjalanan maupun warga yang diduga ada kontak lansung dengan 4 pasien Covid-19 yangs ementara ini menjalani perawatan di RSU Bula..

“Kita lakukan pemeriksaan RDT terhadap 117 warga ini, sekaligus lakukan tracking terhadap keluarga maupun orang-orang dekat dengan keempat pasien positif di SBT dan hasilnya  18 diantaranya reaktif,” jelas Rumatamrik.

18 warga yang hasil RDTnya reaktif, telah diambil sampel swabnya dan sudah dikirim ke Ambon untuk di uji dengan metode PCR di BTKL PP. pemeriksaan RDT ini dilakukan terhadap warga di Kecamatan Bula, Seram Timur, dan Kecamatan Kian Darat.

Dari 18 hasil RDT reaktif dan telah diambil sampel swabnya terdiri dari 10 orang yang merupakan keluarga pasien positif serta 8 lainnya merupakan pelaku perjalanan dari luar SBT.

Baca Juga: Jubir Buru: Fandi Nacikit Pasien 23 Sembuh

“Untuk hasil swabnya belum ada, kita juga masih tunggu hasilnya dari Dinas Kesehatan Maluku,” cetusnya. (S-47)