Jakarta, Siwalimanews – Seperti halnya panggilan darurat di Amerika Serikat yang menggunakan call center 911 sebagai panggilan darurat. Kini Kepolisian Republik Indonesia meluncurkan hal serupa.

Layanan telepon 110 dari kepolisian diresmikan dan diluncurkan keseluruh Polda dan Polres secara bertahap sesuai dengan kesiapan masing-masing Polda sejak 20 Mei kemarin.

Peluncuran tersbeut, dihadiri Panglima TNI Jenderal Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan undangan terbatas yang digelar Bandung secara online ke seluruh Polda.

Peresmian call center untuk keadaan darurat yang dilakukan saat ini merupakan tindak lanjut dari tahap awal yang pernah dimulai tahun 2015 lalu, yang kemudian disempurnakan atau diupgrade, bahkan semua laporan dari masyarakat akan terekam oleh server di Mabes Polri.

Dalam pemberlakuan nomor telepon polisi ini, Polri melakukan MoU dengan semua operator seluler untuk mengalokasikan nomor pelayan 110 khusus untuk polisi dalam menerima panggilan darurat secara gratis (tanpa biaya).

Baca Juga: DPRD Ingatkan PUPR Perhatian Kualitas Talud Wayori

Mekanismenya, Semua unit mobil patroli dan aparat kepolisian yang bertugas di lapangan telah direkam dan terdetect secara GPS tempat petugas polisi yang bertugas dari alat komunikasinya.

Selanjutnya semua pengaduan dan telepon dari masyarakat yang memakai HP atau telp rumah maupun umum akan terekam dan terlacak oleh GPS di semua Polres atau Polda dan Mabes.

Dalam pelayanan telepon nanti masyarakat akan tersambung atau di angkat oleh petugas piket polisi pada polres terdekat. Jika Polres tidak mengangkat panggilan telepon, maka sambungan telpon akan masuk di Polda. Jika Polda tidak mengangkat, telpon ini akan tersambung ke Mabes Polri.

Pada layanan ini, masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan nomor panggilan 110 ini dengan benar dan baik, supaya bisa bermanfaat dalam melayani masyarakat dengan cepat.

Jika ada masyarakat yang menggunakan layanan ini secara iseng, maka akan terlacak dari GPS yang sudah disiapkan untuk semua panggilan yang masuk ke polisi. (S-45)