AMBON, Siwalimanews – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Maluku periode 2023-2028, dikukuhkan oleh Ketua PWI Pusat, Atal Depary.

Pengukuhan yang berlangsung, di lantai VII Kantor Gubernur Maluku, pada Jumat (5/5) berdasarkan Surat Keputusan PWI Pusat Nomor 473-PGS/PP- PWI/2203 tentang Pengesahan Pengurus PWI Provinsi Maluku.

Ketua PWI Pusat dalam sambutannya mengatakan pihaknya bersyukur, karena PWI Maluku akan memiliki kantor permanen, dengan demikian, pihaknya berharap, ada perhatian pemerintah untuk dapat membantu PWI Maluku dalam penyediaan keperluan terkait sarana dan prasarana dari kantor itu sendiri, sehingga dapat mendukung tugas-tugas PWI, terutama dalam menghadapi Pemilu 2024, sebagai wartawan yang independen.

“Saya mau berpesan, bahwa komitmen dan konsistensi, ada dipundak kita. Untuk itu sebagai organisasi pers, kita harus senantiasa mempertaruhkan aspek kehormatan dan etika,” tandas Atal.

Sebelumnya Ketua PWI terpilih Alex Sariwating dalam sambutannya usai pengukuhan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membentu jalannya konfrensi ini, hingga terpilihnya kepengurusan PWI yang baru periode 2023-2028.

Baca Juga: Dua Terdakwa Penimbun BBM Divonis 6 Bulan Penjara

“Mari bersama-sama kita mengobati “luka” di tubuh PWI dan menjadikan PWI Maluku semakin maju,” ajak Sariwating.

Mantan Pemred LKBN Antara Maluku ini juga minta dukungan semua pihak, termasuk pemerintah daerah, serta para tokoh agama, untuk turut mendukung dan membentu setiap -kerja PWI sebagai organisasi pers di Maluku.

“Kita sudah boleh memiliki kepengurusan baru, saya harap jika ada salah dalam kepemimpinan saya, tegur saya. Mari bersama-sama membangun organisasi ini lebih baik kedepannya,” pinta Sariwating.

Sementara itu, Gubernur Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Setda Maluku, Piter Rangkoratat juga memberikan apresiasi atas terlaksananya konferensi hingga terpilihnya kepengurusan PWI Maluku yang baru.

“Selamat kepada kepengurusan PWI yang baru. Kiranya amanah yang ada dipundak saudara sekalian, dapat dijalankan dengan baik sebagai wujud manifestasi terhadap bangsa dan negara, juga daerah ini,” ucap gubernur.

Gubernur berharap, dengan pelantikan kepengurusan PWI Maluku periode 2023-2028, kiranya menjadi momentum strategis untuk menata tugas dan tanggungjawab dalam rangka mewujudkan visi dan misi organisasi kedepan.

“Kami juga memberikan penghargaan yang tinggi kepada PWI Maluku yang selama ini turut membantu tugas-tugas pemda. Dengan demikian saya berharap, PWI dapat menjadi mitra pemerintah, serta dapat memberikan masukan dan saran yang progresif,” harap gubernur.

Gubernur berharap, ditengah derasnya arus informasi saat ini, kiranya PWI dapat melakukan rosponsif data serta mengedepankan etika jurnalistik dakam menjalankan tugas-tugasnya.(S-25)