AMBON, Siwalimanews – Untuk kedua kalinya pemukiman di Desa Amahusu disterilkan oleh Brimob Polda Maluku dengan penyemprotan cairan disinfektan, Selasa (21/7).

Penyemprotan kal ini juga masih dilakukan oleh tim disinfeksinasi dari Subden 3 Kimia Biologi dan Radioaktif (KBR) Detasemen Gegana Satbrimob Polda Maluku dibawa pimpinan Ipda A Manullang.

Pasi Ops Detasemen Gegana Ipda A Manullang menjelaskan, penyemprotan disinfektan untuk kedua kalinya di Desa Amahusu ini setelah pernah dilakukan juga pada Selasa (14/7) lalu, bertujuan untuk meminimalisir masyarakat di Desa ini terinveksi Covid-19.

Penyemprotan ini dilakukan bukan saja di Desa Amahusu, namun pihaknya juga melakukan penyemprotan pada setiap lingkungan yang terdapat orang dalam pemantauan (ODP).

“Penyemprotan disinfektan sendiri dikenal cukup ampuh dalam menanggulangi penyebaran bakteri bahkan virus yang telah bermukim di lingkungan ODP,” ujar Manullang.

Baca Juga: Bhabinkamtibmas Passo Berinovasi buat Kebun Tangguh

Bahkan kata Manullang, upaya Satuan Brimob Maluku dalam membantu pemda untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan cara penyemprotan cairan disinfektan ini, terbukti cukup ampuh.

“Masyarakat sangat menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Brimob Maluku dalam kegiatan ini, itu terbukti dimana kita lakukan penyemprotan serta memberikan himbauan tentang protokol kesehatan selalu diterima dengan baik,” tutur Manullang.

Ditambahkan, selain dilakukan di pemukiman penduduk, mini market, lapak pedagang, serta pangkalan ojek di Desa Amahusu, pihaknya juga melakukan penyemprotan di lapak pedagang rujak di Air Salobar, pertokoan disepanjang Jalan DR Siwabessy dan Sultan Baabullah serta sepanjang Jalan AY Patty. (S-21)