AMBON, Siwalimanews – Untuk melakukan peng­a­wasan pelaksanaan peng­amanan Operasi Mantap Brata (OMB), Tim Itwasum Polri mengunjungi Polda Maluku.

Kegiatan pengawasan yang dilaksanakan tim di­pimpin Brigjen M. Syamsul Huda selaku Irbidjemen Opsnal I Itwil IV atau Ketua Tim Wasops didampingi Kombes  Monto Kristo S se­laku Auditor Kepolisian Madya Tk I Itwasum Polri, dan Kombes Hartoyo.

Kegiatan ini berlang­sung di Pasko OMB Sala­waku, Markas Polda Maluku, Kota Ambon, Rabu (6/12).

Kedatangan tim dalam melakukan pengawasan didampingi oleh Kawa­sopda OMB Salawaku Kombes Mar­thin Luther Hutagaol, Karendal Opsda Kombes Asep Saepudin, dan seluruh Kasatgas OMB Salawaku 2023-2024.

Kombes Marthin Luther Huta­gaol, pada kesempatan itu meng­ungkapkan, Polda Maluku saat ini sedang melaksanakan wasops ke Polres jajaran. “Meski dengan segala keterbatasan namun kita tetap bersyukur dan bekerja dengan penuh tanggung jawab dalam mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024,” katanya.

Baca Juga: KMP Garda Maritim Hengkang, Pemprov Dikecam

Sementara itu, ketua tim dari Itwasum Polri Syamsul Huda mengatakan, kedatangan pihaknya ke Polda Maluku atas perintah Kapolri untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan OMB 2024.

“Saat ini kita sedang melaksanakan pengawasan operasi secara serentak di 20 Polda. Nanti 14 Polda lainnya akan dilaksana­kan pada tanggal 13 sampai 15 Desember 2023,” tuturnya.

Ia mengaku, kegiatan ini bukan baru pertama kali dilakukan. Olehnya itu Polda Maluku telah mengetahui mekanismenya sehingga diharapkan, para perwakilan satgas bisa hadir untuk mendapat pengarahan.

“Perlu diketahui kami dari tim selain akan melaksanakan kun­jungan ke Polresta Ambon dan Polres Seram Bagian Barat. Kami juga akan mengunjungi dan meli­-hat pelaksanaan pengamanan pada kantor KPU dan Bawaslu Provinsi Maluku,” ungkapnya. (S-10)