AMBON, Siwalimanews – Pembangunan gedung pusat kreatif anak muda atau youth creative hub  direncanakan akan dibangun tahun 2021, masih menunggu rekomendasi dari Badan Intelejen Negara (BIN) Daerah.

“Jadi Youth Creative Hub itu dilaksanakan oleh PUPR tapi berdasarkan rekomendasi dari BIN Daerah,” ungkap Kepala Bappeda-Litbang Kota Ambon, Enricho Matitaputty, kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Rabu (23/6).

Matitaputty mengungkapkan, rekomendasi anggaran benar menjadi kewenangan PUPR. Namun, tentu harus berdasarkan hasil rekomandasi BIN Daerah yang tentunya telah melewati tahap pengecekan terlebih dahulu.

“Dasar dari hasil rekomendasi adalah lahan yang clean and clear, yang kedua perancaannya bagaimana, dan lalu lintasnya bagaimana,” ulasnya.

Disinggung terkait dengan progres dari pada proses menuju pembangunan seperti apa, mantan kadis PUPR ini mengatakan sudah masuk pada tahap plot tanggung jawab.

Baca Juga: Intensitas Hujan Tinggi, Warga Diingatkan Waspada

“Kita hanya tunggu rekomendasi saja. Karena amdal, perencanaan dan lalin sudah dimasukkan ditahun 2021. Amdal di lingkungan, perencanaan di PUPR, dan Lalin di Perhubungan,” pungkas Matitaputty.

Segera Dibangun

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kabar gembira bagi anak muda di Kota Ambon dan sekitarnya. Dalam waktu dekat Pemerintah Kota Ambon akan membangun gedung pusat  kreatif anak muda (Youth Creative Hub).

Gedung ini berfungsi sebagai penyaluran kreatif anak muda di bidang seni. Tentunya  gedung tersebut akan dipakai sebagai pusat pertunjukkan seni. Kepala Dinas PUPR Kota Ambon, Melianus Latuihamallo mengatakan, perencanaan itu akan dilakukan tahun ini. Fisik proyeknya me­rupakan tanggung jawab Balai Cipta Karya.

“Dari hasil pembahasan anggaran kemarin, nyatanya pekrjaan gedung itu akan dilakukan oleh Balai Cipta Karya,” ungkap Latuihamallo kepada Siwalima, melalui telepon seluler, Minggu (13/6).  (S-52)