AMBON, Siwalimanews – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) memastikan Pemkot Ambon sememntara memproses pemugaran Benteng Victoria.

“Kita lagi buat kajian dengan Ditjen Kementerian Kebudayaan, karena memang dasar dari semua proses pembebasan lahan, kemudian revitalisasi itu mesti ada kajian,” katanya Kepala Bappekot-Litbang Ambon Enrico Matitaputty kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Rabu (23/6).

Saat pemkot telah difasilitasi terkait dengan proses pengkajian oleh tim teknis Kementerian Kebudayaan.

“Dan sambil menunggu proses itu jalan baru kita jalan. Tapi untuk proses pentahapan ya, pertama kedua sudah jalan. Yang mana permintaan dukungan telah kami lakukan,” ujarnya.

Lanjutnya, proses pengkajian selesai akan dilanjutkan dengan sosialisasi kepada pemilik lahan, yang nantinya akan di tempat oleh TNI AD.

Baca Juga: Pangdam Harap PerwiraTNI Tingkatkan Kredibilitas

“Kajian ada dulu, baru kita berproses yang lain termasuk appraisal untuk mengetahui berapa nilai (anggaran yang di plot dari APBD Kota Ambon untuk lahan) dari lahan sebesar 60 sampi dengan 80 hektar yang berlokasi di Tawiri itu,” bebernya.

Disinggung terkait dengan penangguhan revitalisasi Benteng Victoria lantaran mengutamakan revitalisasi Pasar Mardika, Matitaputty mengelak, katanya tak ada hubungan sama sekali.

“Revitalisasi Pasar Mardika itu, tidak ada hubungan sama sekali dengan revitalisasi Benteng Victoria,” tandas Matitaputty.

Revitalisasi Benteng Victoria

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko mendukung revitalisasi Benteng Victoria di Ambon. Hal ini diungkapkannya, saat menerima Walikota Ambon dan rombongan di ruang rapat Kantor Staff Presiden, Bina Graha Jakarta, Kamis (17/9).

Moeldoko mengingatkan wali­kota untuk melaksanakan revitali­sasi, dimana pemkot harus menyi­apkan lahan dan anggaran pem­bangunan. Untuk itu dirinya me­ngatakan akan mendorong ang­garan revitalisasi ini ke Bappenas, agar bisa dimasukkan dalam dalam rencana strategis.

“Yang perlu disiapkan adalah lahan dan anggaran yang dima­sukkan dalam APBN. Oleh karena itu, kita akan bantu dorong ke Bappenas, agar anggaran revitali­sasi Benteng Victoria ini bisa ma­suk dalam rencana strategis Bappenas dan bisa dimasukkan di tahun anggaran 2021,” ujar walikota dalam rilis yang diterima Siwalima Kamis (17/9).

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta, Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Zeth Pormes, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, Rico Hayat, Sekretaris Bappeda Litbang Kota Ambon, Feberien Maail, Asrendam XVI/ Pattimura, Kolonel Inf. Kurniawan, Aslog Kasdam XVI/Pattimura, Kolonel Kav. Sugeng Waskito Aji, Kazidam XVI/Pattimura, Letkol Czi. Ubaidillah dan Deputi I KSP, Febry Calvin Tetelepta, yang mendam­pingi Moeldoko (S-52)