AMBON, Siwalimanews – Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto memastikan akan meresmikan pengoperasian rumah sakit umum pusat (RSUP) dr. Johanes Leimena. Rumah sakit pusat sampai sekarang hanya melayani isolasi pasien terkonfirmasi Covid-19, sementara pengoprasian rumah sakit untuk melayani pasien umum baru akan dilakukan setelah diresmikan.

“Jadi rencana pak Menkes yang resmikan RSUP pekan depan,” ujar Sekda Maluku Kasrul Selang kepada Siwalima di kantor Gubernur Maluku, Minggu (15/11).

Kedatangan Menteri Kesehatan sendiri ke Ambon merupakan kunjungan kedua kalinya setelah sebelumnya melakukan kunjungan kerja bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy pada bulan juli lalu.

“Ini kedatangan pak Menkes kedua kalinya, jadi selain resmikan pengoperasian, beliau juga akan melihat simulasi pengunaan vaksin covid di RSUP,” jelas Kasrul.

Dikatakan rumah sakit ini sendiri dibangun pemerintah pusat dengan menggunakan APBN telah selesai dilakukan bahkan pemerintah pusat sudah memberikan nama untuk rumah sakit itu Johanes Leimena.

Baca Juga: Kejari Malteng Raih Penghargaan Menpan RB

Kemarin itu kan baru peres­mian nama oleh eks Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moe­-loek sekarang untuk pengopera­sian­nya. “Setelah diresmikan rumah sakit ini mulai beroperasi layaknya rumah sakit-rumah sakit yang ada di Kota Ambon, melayani pasien umum, tidak hanya pasien covid semata,” terang Kasrul.

Ditambahkan tim dari Kemen­terian Kesehatan sudah tiba di Ambon beberapa hari ini untuk memastikan kesiapan kedata­ngan orang nomor satu di Ambon.

“Mereka punya tim kemarin sudah datang, namun yang pasti peresmian pengoperasian RSUP dilakukan sekitar tanggal 20-an karena waktupannya  kita belum tahu,” tandasnya.

Jadi Lokasi Karantina

Diberitakan sebelumnya, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Johanes Leimena yang terletak di Desa Rumahtiga, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, akan dijadikan sebagai lokasi isolasi dan perawatan pasien Covid-19 di Maluku.

Seluruh pasien terkonfirmasi yang ada di sejumlah rumah sakit semua akan dipindahkan ke RSUP dr Johanes Leimena.

“Kita berterima kasih kepada RSUP yang siap untuk jadi lokasi tempat untuk perawatan pasien Covid-19,” ungkap Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku, Kasrul Selang kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Selasa (12/5).

Menurutnya, selama ini sejumlah rumah sakit di Kota Ambon dijadikan tempat untuk merawat pasien Covid-19 seperti RSUD dr M Haulussy, Rumah Sakit Tentara Tingkat II dr Latumeten, Rumkital dr FX Suhardjo dan Rumah Sakit Bhayangkara.

“Kita sudah tinjau kesiapan RSUP untuk menempatan pasien Covid-19 disana, mungkin Senin (18/5) mendatang,” ujar Kasrul.

Dikatakan, jumlah pasien disejumlah rumah sakit dan Balai Diklat BPSDM Maluku serta Lembaga Pengembangan Mutu Pendidikan (LPMP) akan dievakuasi ke RSUP dr Johanes Laimena.

Ia bersyukur dalam sosialisasi yang dilakukan Gugus Tugas Maluku dan Kota Ambon kepada masyarakat Rumahtiga, mereka menerima, RSUP dijadikan lokasi perawatan Covid-19.

“Masyarakat Rumahtiga sudah menyetujui sehingga pekan depan pasien Covid yang sedang diisolasi disejumlah lokasi rumah sakit akan kita pindahkan,” pungkasnya. (S-39)