AMBON, Siwalimanews – Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo, berharap Kongres XII GAMKI melahirkan program-program yang inovatif bagi pembangunan bangsa.

Selain itu Menpora juga harapkan, kongres XII GAMKI di Kota Ambon dapat menghasilkan keputusan organisasi yang dapat didukung pemerintah.

“Dalam Implementasi program, GAMKI harus kolaboratif dengan pempus. Saya harapkan kepada semua pucuk pimpinan dukung GAMKI dalam menopang akselerasi pemba­ngunan, yang diharapkan lahir dari kongres dalam bentuk program pe­rioritas,” ungkap Menpora saat mem­ba­cakan amanat Presiden RI Joko Widodo dalam kegiatan Kongres XII GAMKI yang dipusatkan di Gedung Kristiani Center, Ambon, Minggu  (14/5).

Dalam amanat yang dibacakan Menpora, Presiden Joko Widodo mem­berikan apresiasi bagi GAMKI yang secara konsisten dan berkelanjutan memberikan kontribusi bagi pemba­ngunan nasional, khususnya sektor kepemudaan.

Suksesnya pembangunan nasional yang berkesinambungan, lanjutnya, dibutuhkan peran pemuda yang trans­formatif dan inovatif.  Dan untuk men­capai target pembangunan sangat dibutuhkan kolaboratif, dan GAMKI harus berkolaborasi sesuai yang diharapkan.

Baca Juga: Produktivitas Beras di Malteng Merosot

Terlepas dari pidato Presiden, Men­pora menyatakan sangat ter­buka untuk kolaborasi dengan OKP khusus OKP keagamaan.

Dirinya juga mengajak pemuda dalam hal ini GAMKI sebagai wadah sosialisasi untuk mengajak pemuda berpartisipasi dalam pemilu.

“Kita ada di tahun politik dimana tahapan pemilu sudah mulai dila­jukan, dinamika sosial politik pasti ada, sebagai Menpora saya ajak kaum muda GAMKI, menjaga dan mengajak anak muda untuk par­tisipasi dan menjadi pemilih aktif dalam pemilu nanti,” harapnya.

Keputusan Strategis

Di tempat yang sama Wakil Gu­bernur Maluku, Barnabas Orno dalam sambutannya, menaruh harapan besar dari Kongres GAMKI. Dirinya berharap ada keputusan strategis yang lahir dari kongres tersebut.

“Saya taruh harapan besar yang melahirkan keputusan strategis skala nasional yang dampaknya bukan cuma untuk GAMKI, namun sumbangsi untuk bangsa dan negara, terkhusus pembangunan di Maluku,” harapnya.

Dikatakan, GAMKI dapat menge­depankan inovasi, sehingga hadir sebagai agen-agen perdamaian.

“Siapa pun yang akan pimpin GAMKI kedepan, harus menggu­nakan ruang kepemimpinan yang bersih dan gentlemen. Saya ingin GAMKI kedepan mengedepankan moto Ora Et Labora, gunakan toleransi untuk merangkul semua lapisan umat beragama,”pintanya.

Untuk diketahui, sebelun kegiatan seremonial di Kristiani Center, kegiatan ibadah lebih dulu di lakukan di Gereja Maranatha Ambon.

Selain Menpora, sejumlah tokoh hadir dalam kongres GAMKI, mulai dari Deputi Staf Kepresidenan, hingga sejumlah anggota DPR dapil Maluku. (S-10)