AMBON, Siwalimanews – DPRD Maluku Utara resmi telah menetapkan tiga nama calon penjabat Gubernur Maluku Utara dan telah diusulkan ke Mendagri. Ketiga nama calon penjabat tersebut masing-masing Sekda Malut Samsuddin A Kadir, Rektor Unkhair Ridha Adjam dan Deputi Bidang Dukungan Teknis Bawaslu RI La Bayoni.

Dari ketiga nama calon penjabat gubernur yang diusulkan DPRD Malut ini, nama Deputi Bidang Dukungan Teknis Bawaslu RI La Bayoni cukup menguat bahkan, mendapat dukungan dari masyarakat maupun para tokoh agama dan tokoh masyarakat di provinsi tersebut.

Salah satu tokoh Kristen di Malut yang mendukung La Bayoni menduduki jabatan penjabat gubernur datang dari Pendeta Jacob M Soselisa.

“La Bayoni sudah terbukti sebab mampu menjalankan tugas-tugas birokrasi dan mampu menjembatani kepentingan pemerintah dengan gedung rakyat, karena ia juga pernah menjadi Sekretaris DPRD Halmahera Utara kurang lebih 10 tahun,” ucap Pendeta Jacob dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Senin (4/12).

Selain itu kata Pendeta Jacob, La Bayoni dinilai layak menjabat sebagai penjabat gubernur karena memiliki segudang pengalaman di birokrasi, dimana karir birokrasinya dirintis dari bawah hingga saat ini menjabat sebagai Deputi Bidang Dukungan Teknis Bawaslu RI.

Baca Juga: KMP Ferry Garda Maritim 5 Hengkang, Pemprov Dikecam

Ia juga yakin, dengan pengalaman di birokasi yang begitu gemilang, maka jika La Bayoni ditunjuk sebagai Penjabat Gubernur Maluku Utara, maka pemerintahan dapat berjalan dengan baik, disamping dirinya juga akan mampu menyelesaikan tugas penting itu yaitu pilpres, pileg dan pilkada.

“Saya yakin, dengan dukungan penuh dari masyarakat Maluku Utara dan para tokoh agama serta tokoh masyarakat, maka Mendagri akan mengusulkan La Bayoni sebagai Penjabat Gubenrur Maluku Utara, untuk kemudian dilantik oleh Presiden,” tandas Pendeta Jacob. (S-06)