AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Kota Ambon Christianto Laturiuw menduga ada keterlibatan pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dibalik bergentayangannya para calo yang melakukan pengurusan administrasi kependudukan.

Untuk itu, Kadis Dukcapil harus menyelidiki hal ini dan jika kedapatan, maka oknum pegawai tersebut harus dintindak tegas, selain itu juga dilakukan evaluasi internal secara menyeluruh.

“Dengan adanya temuan calo dalam pengurusan di Disdukcapil, maka hal itu merupakan tindakan yang salah, namun harus jadi catatan internal bagi teman-teman dicapil juga,” ujar Laturiuw kepada wartawan di baileo Rakyat Belakang Soya, Jumat(27/11).

Disisi lain, Laturiuw juga menilai, kejadian terungkapnya calo ini, kiranya dijadikan sebagai satu catatan dan pelajaran yang jelas bagi para pegawai Disdukcapil.

Kemungkinan juga adanya calo dikarenakan masyarakat yang melakukan pengurusan administerasi kependudukan masih mengalami kesulitan, sehingga terjadilah seperti ini.

Baca Juga: Disdukcapil Ambon Tetap Buka Pelayanan

“Untuk itu yang harus dilakukan kadis yaitu melakukan pengecekan pada seluruh administrasi kerja internal sehingga tak ada lagi pembicaraan  miring di luar,” ucapnya.

Menurutnya, sebagai pimpinan dalam suatu lembaga tidak sekedar hanya memberi komando pekerjaan tanpa mengetahui proses dinamika pekerjaan dari seluruh staf yang ada.

Hal ini juga harus menjadi bahan evaluasi Disdukcapil serta apa yang menjadi kendala dalam pengurusan sehingga calo masih tetap pada instansi tersebut.

“Saya berharapisdukcapil dapat membenahi sistem pengaturan internal,” ucapnya. (Cr-5)