BULA, Siwalimanews – Para raja yang tergabung dalam Latupati  di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mendukung Polres SBT untuk menciptakan Pilkada yang damai, saat pelaksanaan Pilkada serentak 2020 nantinya.

Para raja tersebut diantaranya Ketua Umum Latupati Provinsi Maluku Ibrahim M. Wokas, Plh Ketua Latupati SBT Raja Negeri Kian Darat, Raja Negeri Gaa, Raja Negeri Miran, Raja Negeri Day, Raja Negeri Geser, dan Raja Negeri Waras – Waras.

Ketua Umum Latupati Provinsi Maluku, Ibrahim M. Wokas, pada saat berlangsungnya silaturahmi bersama Polres SBT mengatakan, akan terus mendukung Polres SBT dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif pada Pilkada SBT mendatang.

“Pilkada sudah didepan mata, tentunya kita harus bekerja sama membantu polres dan TNI dalam mencipatakan situasi Kamtibmas yang aman dan damai di Kabupaten SBT, “ ungkap Wokas, di Bula, Selasa (23/6).

Dikatakan, Pilkada yang akan berlangsung di SBT ini berada pada situasi yang tidak seperti biasanya, dimana saat ini pandemi menjadi keresahan.

Baca Juga: Salampessy: KEK Banda Terkendala Lahan

Untuk itu, kata Wokas, Polres SBT harus bersikap tegas dalam memantau peran Medsos yang kian menggiring opini yang tidak benar.

Apalagi, lanjut Wokas, Grup Facebook NEW PILAR SBT, dimana grup ini selalu menjadi topik perbincangan kalangan elit politik maupun para aktifis.

Tentunya, pemerhati medsos yang merasa tidak berkepentingan dengan salah satu pasangan calon, Ia mulai muncul dengan akun palsu dan mulai memainkan peran mereka untuk menggiring netizen ke hal-hal yang tidak baik.

Untuk itu, perlu adanya peran Polres terutama tim siber polres SBT untuk selalu mentah setiap postingan yang menggiring opini tidak benar.

“ Saya kira ini juga penyebab perbedaan pendapat sampai pada tingkat timbulnya konflik internal,” katanya.

Ia berpesan kepada raja negeri yang hadir pada kegiatan tersebut untuk selalu membantu Polres SBT dalam mencipatakan situasi Kamtibmas yang kondusif pada Pilkada mendatang.

“Saya harap kita semua selalu mendukung Polres SBT dalam menciptakan Pilkada damai mendatang,” ajaknya.

Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar mengucapkan terima kasih atas kerjasama para Latupati dalam membantu polres pada Pilkada mendatang.

Pihaknya juga akan terus berupaya untuk selalu memantau status di Facebook terutama postingan yang memicu hal-hal yang tidak dinginkan seperti menyebar hoaks dan lain-lain.

“Saya berterima kasih karena sudah membantu kami dalam menciptakan situasi Kamtibmas pada Pilkada mendatang, dan untuk di medsos Facebook, kami akan terus memantau,” tandas Sukendar. (S-47)