AMBON, Siwalimanews – Mengakhiri tahun 2021, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi  peja­bat perwira tinggi dan me­nengah di tubuh Polri.

Dalam surat telegram nomor ST/2568/XII/KEP./2021 tertanggal 17 Desember 2021, yang ditanda­tangani oleh Asisten SDM Polri Irjen Wah­yu Widada tertera Ka­polda Maluku dan se­jumlah pejabat di Polda Maluku yang dimuta­sikan.

Kapolda Maluku, Irjen Refdi Andri dimutasikan se­bagai Pati ahli Kapolri dalam rangka memasuki masa pen­siun. Sedangkan Kapolda Maluku yang baru dijabat oleh Irjen Lotharia Latief. Latief sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Timur.

Selain Kapolda Maluku, Kapolda NTT akan dijabat oleh pejabat baru Brigjen Setyo Budiyanto, yang se­belumnya merupakan Pati Bareskrim Polri penugasan pada Komisi Pem­berantasan Korupsi.

Dalam surat telegram itu juga nama Kapolda Bengkulu Irjen Guntur Setyanto juga dimutasikan sebagai Pati Bareskrim Polri dalam rangka pensiun. Posisi Kapolda Bengkulu akan ditempati oleh Irjen Agung Wicaksono yang kini men­jabat Wairwasum Polri.

Baca Juga: Bantuan Pasca Gempa Diterima Warga Pulau Damer

Kemudian, Kapolda Kalbar Re­migius Sigid Trihardjanto diangkat sebagai Kadivkum Polri. Sementara jabatan Kapolda Kalbar akan diisi oleh Irjen Suryanbodo Asmoro yang sebelumnya menjabat Kadivkum Polri.

Berikutnya, Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal digeser menjadi Kapolda Riau. Sedangkan Irjen Agung Setya yang sebelumnya menjadi Kapolda Riau diangkat menjadi Asops Kapolri.

Posisi Kapolda NTB akan dijabat oleh Brigjen Djoko Poerwanto yang kini menjabat Dirtipidkor Bareskrim Polri. Selanjutnya Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto diangkat men­jadi Kapolda Kaltim menggantikan Irjen Herry Rudolf Nahak yang dimutasikan sebagai Kasespim Lem­diklat Polri.

Huwae Jabat Direskrimsus

Setelah dipromosikan sebagai Kepala Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Polda Papua, Kombes Harold Wilson Huwae kembali bertugas di Polda Maluku sebagai Direktur Reserse dan Kriminal Khusus, menggantikan pejabat lama Kombes Eko Santoso yang dimutasikan sebagai Dirpamobvit Polda DIY.

Selain jabatan Direskrimsus, juga terjadi rotasi sejumlah pejabat utama di Polda Maluku yakni, jabatan Direktur Binmas yang sebelumnya dijabat oleh Kombes Andy Ervin akan digantikan oleh pejabat baru, AKBP Deny Abrahams yang se­belumnya menjabat sebagai Dirtahti Polda Jatim.

Sementara Kombes Andy Ervin dimutasikan sebagai analis kebija­kan madya bidang Binmas Ba­harkam Polri dalam rangka mengikuti pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke-31 tahun 2022.

Selain itu, juga jabatan Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease yang sudah sekian lama dijabat oleh  Kombes Loe Surya Nugraha Simatupang, kini diganti oleh pejabat baru AKBP Raja Arthur Lumonga yang sebelumnya men­jabat sebagai  Wadirpamobvit Polda Maluku.

Kombes Loe Surya Nugraha Simatupang sendiri dimutasikan sebagai analis kebijakan madya bidang Dalpres SSDM Polri, dalam rangka mengikuti pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke-31 tahun 2022.

Karo Ops Kombes Anthonius Wantri Yulianto diangakat jabatan baru sebagai analis utama tingkat II Baintelkam Polri

Kombes Asep Saepudin yang sebelumnya menjabat sebagai analis kebijakan madya bidang brigade mobil korp brimob Polri

Selain melakukan mutasi para pejabat utama di Polda Maluku, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menunjuk AKBP Raja Arthur Lumonga sebagai Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

Penugasan itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2568/XII/KEP./2021 tertanggal 17 Desember 2021, yang ditandata­ngani oleh Asisten SDM Polri Irjen Wahyu Widada.

AKBP Raja Arthur Lumonga saat ini menjabat sebagai Wadirpa­mobvit Polda Maluku, ia meng­gantikan Kombes Loe Surya Nug­raha Simatupang yang dimutasikan sebagai analis kebijakan madya bidang Dalpres SSDM Polri, dalam rangka mengikuti pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke-31 tahun 2022.

AKBP Raja Arthur Lumonga juga bukan orang baru dalam memimpin satu Kepolisian Resort, sebab ia juga pernah menjabat sebagai Kapolres Maluku Tengah selama 2,4 tahun. Ia baru dimutasikan dari jabatan Kapolres Maluku Tengah pada tahun 2019 ke jabatan barunya sebagai Wadir Pamobvit Polda Maluku dan digantikan oleh AKBP Hendrik Purwono. (S-45)