AMBON, Siwalimanews – Menyongsong Hari Pers Nasional (HPN), 9 Februari mendatang, Kan­tor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Provinsi Maluku menggelar Coffee Morning bersama insan pers, yang berlangsung di aula Kanwil Kemen­kumham Maluku, Jumat (5/2).

Kepala Kakanwil Kemenkumham Maluku, Andi Nurka dalam sambu­tannya mengatakan, kegiatan ter­sebut semata-semata bukan sekedar kumpul-kumpul, tapi sebagai sarana kolaborasi dan koordinasi aktif, bagi Kanwil Kemenkumham Maluku bersama insan pers. Guna menjawab tantangan transparansi informasi bagi masyarakat demi dan untuk kemajuan Provinsi Maluku.

Dikatakan, akibat pandemi Covid-19 berbagai aktivitas turut terkendala sehingga perlu banyak evaluasi dan perubahan, demi melayani dan menginformasikan secara luas tugas dan fungsi Kanwil Kemenkumham Maluku, dengan menjadikan pers untuk membahas isu-isu aktual kinerja kanwil, juga sebagai pengawal kinerja Kemenkumham, khusus dalam proses pembangunan kanwil yang baru.

“Bahwa tuntutan publik saat ini, mengharuskan kita untuk melakukan segalanya secara transparan. Itu sebabnya kami mengundang rekan-rekan pers sebagai penyalur informasi kepada masyarakat. Untuk bersama-sama, duduk membahas tentang isu-isu yang berkembang saat ini terkait kinerja Kementerian Hukum dan HAM,” terangnya.

Dijelaskan, dengan kemajuan teknologi saat ini, seharusnya menjadi sarana akselerasi perubahan untuk mendapatkan informasi secara cepat dan akurat. Tapi disisi lain, ada oknum-oknum tertentu yang menyalahgunakannya untuk kepentingan pribadi, sehingga pihaknya sangat mengganggap penting menggandeng insan pers untuk sama-sama turut mendukung kinerja terbaik bagi masyarakat serta melawan berita dan isu hoaks dari oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Baca Juga: Lapas Kelas III Dobo Lakukan Rapid Tes

“Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kami sampaikan kepada rekan-rekan pers, yang selama ini berkontribusi aktif menunjang kinerja Kemenkumham. Saya harap kegiatan ini akan terus dilakukan rutin, agar sinerginya tetap berkelanjutan. Terakhir, saya mohon dukungan doa saudara-saudari sekalian untuk proses pembangunan kantor Kemenkumham Maluku. Semoga proses pembangunan berjalan lancar hingga selesai,” tandas Nurka, saat menutup Coffee Morning tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Divisi Administrasi Agung Rektono Seto, Kepala Divisi Imigrasi Muh. Yani Firdaus dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Yulius Sahruzah. (S-16)