AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Provinsi Maluku telah menyiapkan rencana strategis untuk mengembangkan Banda sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Maluku.

“Jadi Gubernur Maluku, Murad Ismail telah mengeluarkan instruksi agar kita memiliki fukus pariwisata. Dan destinasi yang akan dikembangkan adalah Banda,” jelas pelaksana tugas Kepala Bappeda Maluku, Djalaludin Salampessy kepada Siwalima di Kantor Gubernur, Rabu (18/3).

Ia menjelaskan, sejumlah rencana telah disiapkan pemerintah seperti kajian ekonomi finansial, analisa dampak lingkungan, rencana detail tata ruang.

“Rencana ini sudah berjalan, untuk menata kawasan Banda kedepan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan,” terang Salampessy.

Menurutnya, Banda sebagai poros pariwisata yang nantinya akan memberikan efek sebaran pariwisata bagi daerah di Maluku.

Baca Juga: Polres Aru Antisipasi Corona dengan Aksi Bersih Lingkungan

Selain itu, pemerintah telah menyiapkan penataan tranportasi, pengeloaan kawasan, penguatan SDM dan aturannya.

“Banda harus menjadi sustainable tourism development atau pengembangan pariwisata berke­lanjutan menuju kawasan eko­nomi khusus (KEK) pariwisata kedepan, tegas Salampessy.

Meningat Banda merupakan pulau kecil, maka ekspoitasi yang direncanakan bersasarkan pada pulau kecil.

“Jadi sebagian perencanan sudah berjalan mudah-mudahan dengan langkah ini maka kedepan banda bisa di tetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus pari­wisata,” tandasnya. (S-39)