AMBON, Siwalimanews – Kasdam XVI Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi secara taklimat awal current audit irjenad di Ruang Yudha lantai III Makodam, Senin (9/10).

Kegiatan pengawasan di jajaran Kodam XVI Pattimura ini, merupa­kan bagian dari kegiatan fungsi pengendalian dalam manajemen yang sekaligus sebagai alat kontrol dan kendali pimpinan, untuk menjamin terselenggaranya tugas-tugas Kodam XVI Pattimura beserta satuan jajarannya.

Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Syafrial dalam amanat yang dibacakan oleh Kasdam mengata­kan, kegiatan pengawasan dilakukan guna meneliti, mengidentifikasi dan mencegah secara dini kemungkinan terjadinya penyimpangan ataupun kesalahan yang tidak perlu terjadi.

“Dengan pengawasan ini dapat mewujudkan kinerja satuan yang transparan dan akuntabel,” ujar Pangdam.

Sementara itu, Irjenad Letjen TNI Alfred Denny Djoike Tuejeh dalam sambutan yang dibacakan oleh Ketua Tim Current Audit Brigjen TNI Supriyanto mengatakan, kegiatan pengawasan merupakan salah satu fungsi Itjenad.

Baca Juga: Kantor PA Dataran Hunimoa Mulai Dibangun

“Sesuai dengan tugas Itjenad membantu Kasad menyelengga­rakan pengawasan dan pemeriksaan umum serta pengawasan dan pemeriksaan perbendaharaan ter­hadap organisasi di jajarannya dalam rangka mendukung tugas TNI AD,” terangnya.

Disamping itu, pengawasan current audit juga merupakan salah satu upaya untuk membantu para pim­pinan satuan.

“Jadi dalam mengukur dan mengevaluasi pelaksanaan tugas serta fungsi yang telah dijalankan sesuai dengan program yang telah disusun sebelumnya,” tambahnya.

Adapun pelaksanaan peng­awasan current audit Itjenad di jajaran Kodam XVI Pattimura ini berlangsung selama 8 hari, mulai tanggal 9 sampai dengan 17 Oktober. (S-09)