AMBON, Siwalimanews – Waihaong meraih juara II desa tangguh Covid-19 setelah juara I diraih Negeri Lama dan juara III Desa Latta. Meski sebelumnya Kelurahan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe tersebut merupakan kelurahan dengan angka terkonfirmasi yang cukup tinggi, namun tidak menyurutkan semangat warga setempat dalam membasmi virus mematikan itu.

“Hal tersebut membuktikan bahwa Waihaong mampu memenuhi empat unsur utama penilaian yang diberikan oleh Dinas Kesehatan sebagai tim penilai,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy kepada Siwalima di Balai Kota Ambon, Selasa (8/9).

Pelupessy mengungkapkan, untuk menilai kegiatan tersebut ada empat aspek utama yang dinilai. Empat unsur utama dari penilaian yakni kebijakan program angaran dan fasilitas Covid-19,

Kemudian sosialisasi dan edukasi Covid-19, pencegahan penyebaran Covid-19 serta penahanan Covid-19. “Jadi ada empat indikator kriteria utama,” ujar Pelupessy.

Ditambahkan, masing-masing indikator tersebut diberi nilai seratus point dengan pengklasifikasian kategori masing-masing.

Baca Juga: Terminal Mardika Kembali Disteril

“Yang dinilai dengan pointnya itu semua 100, masing-masing point beda-beda yang pertama 30 bobotnya, yang kedua 10 bobot, yang ketiga 40 bobot yang keempat 20 bobot,” jelas Pelupessy.

Ditanya alasan mendasar apa yang pada akhirnya memasukkan Waihaong sebagai nominasi bahkan meraih juara II, Pelupessy menegaskan kalau penilaian tersebut tak hanya mutlak pada berapa jumlah kasus yang dimiliki.

“Bukan dilihat dari tingkat pemaparan. Memang betul-betul desa ini mampu berusaha menangani Covid-19,” ungkap Pelupessy. (Mg-6)