AMBON, Siwalimanews – DPD KNPI Kabupaten Buru mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak bagi 23 desa, yang akan berlangsung 12 Agustus mendatang.

23 desa yang akan melaksanakan pilkada serentak tahap pertama ini tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Buru. Sementara Pilkades serentak tahap kedua akan dilaksanakan tahun 2022 dan tahap ketiga ditahun 2023.

Ketua DPD Komite Nasio­nal Pemuda Indonesia Kabupaten Buru, Nadi Waly yang diwakili oleh Bendahara DPD Jamaludin Tuharea mengatakan, pihaknya selaku pemuda menghimbau kepada masyarakat yang sebentar nanti desanya akan mengelar Pilkades untuk bersama dengan TNI/Polri menjaga Kamtibmas dan patuhi protokol kesehatan, mengingat kondisi bangsa Indonesia sedang dilanda wabah virus Covid-19.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Buru, terutama anak muda untuk menjadi pelopor di garda terdepan dalam rangka mengajak masyarakat supaya berpartisipasi pada Pilkades serentak nanti. Semakin tinggi partisipasi masyarakat menunjukkan semakin berkualitasnya kedewasaan berdemokrasi masyarakat pada Pilkades serentak kita kali ini,” ungkap Tuharea, kepada wartawan, di Namlea, Senin (31/5).

Dikatakan, Pilkades serentak di Kabupaten Buru akan dilaksanakan pada 23 desa yang tersebar di 10 Kecamatan mengingat desa yang ada di Kabupaten Buru sudah lama dijabat oleh pejabat sementara, sehingga 23 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades serentak ini sudah saatnya memiliki nahkoda baru dalam mengarungi perjalanan pembangunan desanya masing-masing.

Baca Juga: Makelar & PUPR Sepakat Bungkam

“Siapapun kades yang terpilih nantinya di Pilkades 12 Agustus mendatang, pastikan sudah melalui proses yang khidmat  dan berintegritas. Hal lain yang paling penting adalah Pilkades harus berjalan lancar, aman dan damai, karena kita semua bersaudara,” harap Tuharea. (S-31)