MASOHI, Siwalimanews – Kapolres Maluku Tengah (Malteng) AKBP Rosita Umasugi bertindak sebagai Inspektur Upacara Penaburan bunga Peringatan Hari Pahlawan di Taman Makan Pahlawan Masohi, Kabupaten Maluku Tengah,Selasa (10/11).

Upacara siarah Ziarah Nasional mem­peringati hari Pahlawan 10 November tahun 2020 di Kabupaten tertua di Maluku itu dihadiri  Bupati Tuasikal Abua,Wakil Bupati Marlatu L Leleury, Ketua DPRD Maluku Tengah Fatsah Tuankotta, Dan­brigif 27/Nusa Ina diwakili oleh Kasi Ops Mayor Infanteri Bayu  Suhendra, Danden POM XVI-2 Masohi Letkol CPM Hendri Sirait,Wadanyon B Pelopor Sat Brimob Maluku AKP Hi. Ahmad Saleh,Kajari Malteng diwakili oleh Kasi Pidum Victor Mailoa serta sejumlah pimpinan OPD dilingkup Pemkab Malteng.

Untuk diketahui upacara ziarah nasional di Kabupaten Maluku Tengah diikuti oleh  1 (Satu)  Regu Denpom XVI-2 Masohi, 1 (Satu ) Regu Kodim 1502 Masohi, 1 (Satu) Regu Brimob Yon B Maluku dan  (Satu) Regu Sat Sabhara Polres Maluku Tengah.

Usai upacara kepada Siwalima, Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua meminta semua elemen masyarakat untuk meng­he­ningkan cipta sejak sebagai bentuk kesadaran bersama untuk mendoakan para para Pahlawan bangsa Indonesia yang telah gugur untuk merebut kemerdekaan bangsa dari tangan penjajah.

“Saya mengajak kita semua anak ba­ngsa, semua elemen masyarakat untuk me­ngambil sikap mengheningkan cipta sejenak untuk mendoakan para pahlawan kusuma bangsa yang berjuang merebut kemerde­kaan bangsa dari tangan pen­jajahan. Tanpa jasa mereka,kita semua mungkin belum bisa  menikmati langit dan bumi yang aman dan damai saat ini,” ujar Tuasikal.

Baca Juga: Peringati HUT ke-75, Brimob Maluku Gelar Aksi Donor Darah

Ia mengatakan, bangsa yang besar ada­lah bangsa yang menghargai jasa para pah­lawannya, ungkapan menghargai jasa para pahlawan tidak hanya dengan sikap mengheningkan cipta semata, namun ba­gaimana semua anak bangsa dapat ber­juang mempertahankan kemerde­kaan de­ngan mengisi kemerdekaan itu dengan bekerja keras bekerja sama,membangun bangsa dan negara di semua lini kehidupan.

“Saya mengajak semua anak bangsa di daerah Pamahanu-Nusa ini,untuk mari kita bekerja keras,bekerja cerdas bekerja sama,bersinergi membagun daerah dan bangsa kita ke arah kemajuan bangsa sebagaimana cita cita luhur pendiri bangsa Indonesia,” cetusnya. (S-36)