NAMLEA, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Baharudin Djafar dalam kunjungan kerjannya ke Kabupaten Buru, menyempatkan diri untuk meninjau langsung pos pengamanan tambang gunung batok di Kecamatan Wailata, Selasa (28/7).

Dalam peninjauan itu, kapolda didampingi Kapolres Buru AKBP Riki Purnama Kertapaty, Plt Karo Ops Kombes Antonius Wantri Yuliyanto, Dir Intelkam, Kombes Yosef Sriyono Joko Handono, Dandim 1506 Namlea Letkol Infantri Syarifudin Azis, Danki Kompi Bromb, Camat Kayeli  serta Kades Teluk Kayeli Taramun.

Tiba di lokasi penambangan, kapolda langsung memberikan arahan kepada personil TNI dan Polri yang melaksanakan pengamanan pada lokasi Gunung Botak.

“Tujuan saya datang kesini untuk melihat pelaksanaan tugas pengamanan Gunung Botak. Tadi ada penyampaian dari Dandim1506 dan kapolres kepada saya, kalau kita sudah lama tidak menjenguk rekan-rekan anggota yang bertugas di sini,” ujar kapolda.

Menurutnya, kedatangan dirinya didampingi dua pejabat Polda Maluku serta Kapolres Buru beserta Dandim 1506 Namlea sebagai bentuk perhatian pimpinan bagi personilnya.

Baca Juga: Dishub Minta Sopir Angkot Taati Protokol

“Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab. Sinegritas yang sudah di capai dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab selama ini tolong di pertahankan,” pinta kapolda.

Pada kesempatan itu, kapolda juga menyampaikan arahan Pangdam XVI Pattimura yang dititipkan untuk dismapaikan kepada prajurit TNI yang bertugas di Gunung Botak.

“Kami juga berterimakasih atas laporan tentang situasi dan kondisi di sini yang di berikan selama ini dari anggota yang ditugaskan di pos pengamanan,” ujarnya

Dijelaskan, awal dari permasalahan pertambangan ini alasannya karena dalam pengelolaan pertambangan yang tidak benar, sehingga menimbulkan kericuhan dan gangguan kamtibmas yang terjadi pada daerah pertambangan ini.

“Dalam koordinasi kedepannya. Insya Allah pekerjaan dalam pengelolaan tambang emas di Gunung Botak ini bisa dibuka dan berjalan dengan baik sesuai  prosedur,” ucap kapolda.

Untuk diketahui personil TNI-Polri dalam melakukan pengamanan di Gunung Botak terdiri dari 9 personil Kodim 1506 Namlea, 9 personil Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Namlea dan 9 personil Satuan Sabhara Polres Namlea. (S-45)