AMBON, Siwalimanews – Tak habis-habisnya inovasi yang dila­kukan oleh Bhabinkamtibmas Negeri Passo, Bripka Arthur M Saherlawan.

Dimasa pandemi Covid-19 ini, peraih pin emas Kapolri tahun 2019 itu meng­gandeng Babinsa Negeri Passo, Peltu Ariz Lolo dan tokoh agama, Pastor RD Joseph El serta dukungan dari penjabat Negeri Passo, Johanis Lalo, untuk membuat Ke­bun Tangguh Laudato, yang terletak di Kawasan Trem, belakang mall ACC Passo.

Lahan seluas satu hektar lebih ini di­kelola ketiga pilar ini untuk memperkokoh ketahanan pangan masyarakat Negeri Passo dimasa pandemi ini.

Pantauan Siwalima, awalnya lahan seluas satu hektar lebih itu hanya di­tumbuhi rumput dan ilalang, namun atas prakarsa dari Bhabinkamtibmas bersama Babinsa dan Tokoh Agama, sejak akhir bulan Mei lalu, lahan tersebut berhasil digarap dan saat ini telah ditanam umbi-umbian dan jagung bahkan nampak terlihat sejumlah benih sayur-sayuran yang saat ini sementara disemai.

“Ini merupakan program Polri Kam­pung Tangguh Nusantara yang didalamnya terdapat tangguh dalam ketahanan pangan, tangguh dalam keamanan dan tangguh dalam kesehatan,” ungkap Bha­binkamtibmas Negeri Passo, Bripka Arthur M Saherlawan, kepada Siwalima, melalui telepon selulernya, Senin (20/7).

Baca Juga: ASN Pemprov Masuk Kerja Secara Bertahap

Terkait dengan tangguh dalam keta­hanan pangan, kata dia, maka dibuatlah Kebun Tangguh Laudato kemudian tang­guh dalam keamanan, pihaknya sudah bekerja sama dengan pemerintah negeri, tokoh-tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan serta tangguh dalam kesehatan,  dengan terus melakukan so­siali­sasi untuk rajin mencuci tangan, pake masker dan menjaga jarak. “Kebun Tang­guh Laudato ini diharapkan dapat menjadi kebun percontohan sekali­gus untuk men­jaga ketahanan pangan di Negeri Passo dimasa pandemi covid-19 ini,” pintanya.

Saherlawan menambahkan, dalam aktivitas menanam itu pihaknya juga bekerja sama dengan petani di Negeri Passo dan mendapatkan pendampingan dari para penyuluh dari Dinas Pertanian Kota Ambon, Etha  Komboen dan kebun ini juga sempat ditinjau oleh Kasat Bimas Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, AKP Morets Nanuru dan Kasat Intel Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease dan menda­patkan apresiasi.  (S-16)