AMBON, Siwalimanews – Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Lotharia Latif berjanji akan transparan dalam memberikan setiap informasi yang sifatnya bisa disampaikan.

Hal ini diungkapkan Kapolda saat bersilaturahmi dengan isan pers di Kota Ambon, yang berlangsung di Rupatama Mapolda Maluku, Selasa (26/4).

Kapolda yang didampingi Wakapolda Maluku Brigjen Jan de Fretes mengatakan, pihaknya akan selalu membuka ruang untuk saling share informasi.

Menurutnya, sejauh ini awak media masih tetap kritis, tapi konstruktif.

“Selama ini hubungan baik tetap harmonis sehingga bisa memberikan informasi informasi kepada masyarakat yang seimbang, dan memberikan pencerahan supaya masyarakat bisa mengerti. Katakanlah dengan suatu kejadian baik dari aspek sosial maupun dari aspek hukumnya, prinsipnya kita akan transparan untuk setiap informasi yang sifatnya bisa disampaikan,” jelas Kapolda.

Baca Juga: DPRD: Ada Pangkalan BBM Nakal di Namrole

Dikatakan, semenjak dirinya menjabat selama beberapa bulan di Maluku, Ia melihat peran dari media sangat mendukung tugas Polri. “Teman-teman juga saya lihat tetap kritis, tapi konstruktif, ini yang sangat saya harapkan. Artinya juga katakanlah keterbatasan-keterbatasan pelayanan dari anggota saya maupun kesatuan-kesatuan saya ini bisa cari informasi dengan baik kepada saya, sehingga saya melakukan tindakan secara cepat untuk menangani permasalahan-permasalahan tersebut,” kata Kapolda.

Diungkapkan,  jika kedapatan anggota Polri yang melakukan pelanggaran tentunya akan diberi­-kan tindakan secara proporsional. “Kita saling melengkapi kalau ada kinerja anggota saya yang kurang berkenan atau lakukan pelanggaran pasti akan kita tindak,” tegasnya.

Kata Kapolda, ide silahturahmi ini muncul lantaran dirinya sudah lama semenjak menjabat  belum lagi bertemu dengan awak media. Untuk itu, selain mempererat kemitraan perlu adanya saling keterbukaan dan kepercayaan.

“Saya rasa penting untuk memperat silaturahmi dengan rekan- rekan sehingga ditengah kesibukan, saya siapkan waktu untuk hari ini, Kita adalah mitra, dan syarat kemitraan adalah saling keterbukaan dan kepercayaan. Ini kata kunci yang selalu saya pegang dan saya juga tekankan kepada para Kapolres,” tandasnya. (S-10)