AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya menerima 5000 anakan cengkih dan pala dari anggota DPR asal Maluku Mercy Barends, Selasa (26/4).

Anakan cengkih dan pala tersebut akan diberikan kepada kepada para petani di bumi Kalwedo.

Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach menerima langsung pemberian bibit tersebut disaksikan Ketua DPRD MBD, Petrus A. Tunai, sekda MBD, A Siamiloy, beserta oimpinan OPD lingkup Pemda MBD.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Maluku Barat Daya, kami mengucapkan terima kasih kepada ibu Mercy atas keha­dirannya dan juga atas sumbangan berupa bibit yang diberikan setiap tahunnya,” kata bupati dalam sambutannya.

Lanjutnya  Kabupaten Maluku Barat Daya mempunyai sektor perikanan yang dapat diandalkan namun karena berbagai faktor mengakibatkan daerah ini masih tertinggal.

Baca Juga: Hallimun Minta Pemda Malteng Usul Pemekaran

Untuk hal tersebut menurutnya akan tetap dilakukan pembenahan dengan upaya bantuan dari ibu Mercy dan teman-teman di Jakarta sehingga tumbuhnya industri-industri kecil di sektor perikanan dan kerajinan.

“Semoga apa yang dilakukan oleh beliau dapat memajukan Ma­luku dan juga Maluku Barat Daya,” ucap bupati.

Dikesempatan ini Mercy Ba­rends menyampaikan program yang dilakukan adalah program penanaman dan revitalisasi tana­man cengkih dan pala ini telah dilakukan sejak duduk di Komisi VII DPR.

“Salah satu tujuan program ini adalah karena sejarah, dimana Maluku merupakan salah satu peng­hasil rempah-rempah terbe­sar di Maluku namun sekarang mengalami penurunan dan tertinggal dari daerah-daerah lain,” katanya.

Dirinya berharap Maluku kem­bali meningkatkan produksi cengkeh dan pala melalui program penanaman tanaman tersebut dari hulu ke hilir di berbagai daerah.

Disamping itu juga ada bebe­rapa hal yang disampaikan se­bagai motivasi bagi pengemba­ngan daerah ini kedepan seperti masalah BBM dan listrik.

Untuk diketahui anakan rempah cengkih dan pala ini akan dibagikan bagi petani di empat kecamatan yakni, Kecamatan Damer, Kecamatan Babar, Keca­matan Romang dan Kecamatan Wetar. (S-09)