AMBON, Siwalimanews – Komandan Pangkalan Udara Pattimura Ambon Kolonel Pnb Andreas A Dhewo mengahadiri upacara peringatan Anzac Day yang berlangsung di Taman Makam Persemakmuran di kawasan Tantui Ambon, Senin (25/4).

Upacara yang berlangsung, pukul 05.30 WIT itu berjalan dengan penuh khidmat, yang dipimpin oleh Atase Angkatan Laut Kedubes Australia untuk Indonesia Captain Rood Griffiths.

Wakil Duta Besar Australia di Indonesia Steve Scott dalam sambutannya menjelaskan, peringatan Anzac Day ini berlangsung serentak di seluruh dunia.

“Anzac Day, selalu diperingati setiap 25 April sesuai dengan pendaratan tentara Australia dan Selandia Baru di Gallipoli Turki pada tahun 1915 dan  pasukan ini yang gugur pada perang dunia I,” ungkap Scot.

Pada upacara itu juga para tamu dan undangan yang turut meletakan karangan bunga yang khusus dibawa dari Australia, pada monumen persemakmuran tersebut.

Baca Juga: DPRD: Ada Pangkalan BBM Nakal di Namrole

Hadir dalam upacara itu, Sekertaris Bidang Kelautan Australia Sinead Ferris, Wakil Konsul Jenderal Australia Sam Upritchard, mewakili gubernur Kadis PUPR Muhammat Marasabessy, Pangdam XVI Pattimura diwakili Aspers, Kapolda Maluku diwakili Dirpamobvit dan Danlantamal XI diwakili Asrena.

Untuk diketahui, Anzac Day setiap tahunnya diperingati oleh warga Australia dan Selandia Baru sebagai hari nasional bersejarah mereka, dimana saat itu para prjurit dari kedua negera ini yang bertugas saat pendara­tan pasukan dalam operasi perdamaian pada perang dunia I gugur dalam peperangan. (S-21)